Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AA-AA
Deskripsi:
Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bisnis ini dirancang untuk membekali mahasiswa mampu merancang assessment pembelajaran bisnis berbasis HOTS mulai dari membuat blueprint berbasis HOTS, mengembangkan butir soal, menganalisis tingkat kesulitan soal dan daya beda soal, menganalisis pengecoh option soal, merevisi soal Kembali yang telah dianalisis. Soal assessment yang dibuat soal berbentuk multiple choice, subjective test, dan soal praktek.
Capaian Pembelajaran
  • 1.1. Menguasai perbedaan evaluasi dan penilaian. 1.2. Menguasai prinsip-prinsip evaluasi hasil belajar. 1.3. Menguasai, mengeksplor, menganalisis teori-teori evaluasi hasil belajar
  • 2.1. Menguasai jenis-jenis sistem evaluasi hasil belajar. 2.2. Menguasai karakteristik sistem penilaian PAP dan PAN 2.3. Menganalisis perbedaan sistem evaluasi PAP dan PAN. 2.3. Mampu menerapkan sistem evaluasi PAP dan PAN.
  • 3.1. Menguasai jenis-jenis/pendekatan penilaian. 3.2. Menguasai konsep, karakteristik, kelebihan dan kelemahan, serta mampu menerapkan penilaian portofolio. 3.3. Menguasai konsep, karakteristik, kelebihan dan kelemahan, serta mampu menerapkan penilaian Berbasis unjuk kerja. 3.4. Menguasai konsep, karakteristik, kelebihan dan kelemahan, serta mampu menerapkan penilaian autentik/asesment autenthic. 3.5. Menguasai jenis-jenis instrumen penilaian hasil belajar, serta mampu menerapkan berbagai jenis instrumen penilaian disesuaikan dengan kebutuhan.
  • 4.1. Menguasai konsep, karakteristik evaluasi hasil belajar yang valid dan reliabel. 4.2. Menghasilkan blueprint/kisi-kisi soal berdasarkan Kompetensi Dasar yang digunakan. 4.3. Menghasilkan butir soal dengan berpedoman pada blueprint/kisi-kisi soal yang telah dibuat. 4.4. Melakukan validasi soal yang dihasilkan antar teman 4.5. Mengujicobakan/tryout soal terhadap pengguna. 4.6. Menganalisis tingkat kesulitan soal. 4.7. Menganalisis daya pembeda soal. 4.8. Menganalisis pengecoh option soal dan mampu merevisi soal yang jelek dan memiliki daya beda yang rendah. 4.9. Menghasilkan, menganalisis rubrik penilaian untuk bentuk soal subjective test. 4.10.Menghasilkan, menganalisis rubrik penilaian untuk kegiatan praktikum.
Daftar Pustaka:
  • Akbar Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya. (1) Arifin Zaenal.2012. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (2) Arikunto Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. (3) Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. (4) Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), Jakarta: Raja Grafindo Persada. (5) Muslich Masnur. 2011. Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama. (6) Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (7) Uno B. Hamzah dan Koni Satria, 2012. Assessment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara. (8)