Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
P6-ABCD
Deskripsi:
Matakuliah ini menyediakan mahasiwa dengan wawasan terkait teori identity dan aplikasinya dalam konteks fisika dan pendidikan fisika. Buku, sumber referensi lainnya berupa jurnal-jurnal penelitian di ranah ini, serta aktivitas diskusi antara dosen dan mahasiswa di kelas, dapat memberikan tinjauan komprehensif tentang teori utama, dan perkembangan penelitian di ranah teori identity. Matakuliah ini berfokus pada sejumlah tema yang merupakan isu utama dalam ranah ini terkait bagaimana budaya fisika / culture physics di kalangan komunitas fisika dan bagaimana menanamkan karakter fisika pada siswa semenjak dini
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan menjelaskan konsep dan teori identity serta aplikasinya dalam konteks fisika dan pendidikan fisika yang meliputi: physics identity, dan physics teacher identity.
  • Mengikhtisarkan karakteristik teori identity, penelitian, dan perbedaan perspektif di ranah fisika dan pendidikan fisika yang diantaranya konsep being a physicist, physics cultures, dan physics community.
  • Mengevaluasi perbedaan perspektif serta mampu mengelaborasikannya dengan berbagai temuan riset yang berbasis pada teori identity.
  • Mengaplikasikan pengetahuannya di ranah physics identity dan physics teacher identity untuk menganalisis fenomena yang terjadi di kalangan siswa dan pengajar fisika.
  • Memformulasikan implikasi sosial teori identity secara menyeluruh di konteks penelitian pendidikan di Indonesia serta membandingkannya dengan negara-negara lainnya.
Daftar Pustaka:
  • Avraamidou, L. (2014). Studies in Science Education Studying science teacher identity: current insights and future research directions. Studies in Science Education, 50(2), 145–179. https://doi.org/10.1080/03057267.2014.937171
  • Brickhouse, N. W. (2001). Embodying science: A feminist perspective on learning. In Journal of Research in Science Teaching (Vol. 38, Issue 3). https://doi.org/10.1002/1098-2736(200103)38:3<282::AID-TEA1006>3.0.CO;2-0
  • Gee, J. P. (2000). Identity as an analytic lens for research in education. Review of Research in Education, 25, 99–125. https://doi.org/10.3102/0091732x025001099
  • Gonsalves, A. J. (2020). Physics Education and Gender: Identity as an Analytic Lens for Research (A. T. Danielsson (ed.)). Springer.
  • Gosling, C. (2017). Identity As a Research Lens in Science and Physics Education. Jornal of Belonging, Identity, Language, and Diversity (J-BILD), 1(1), 62–74. http://bild-lida.ca/journal/volume_1_1_2017/identity-as-a-research-lens-in-science-and-physics-education/
  • Hazari, Z., Sonnert, G., Sadler, P. M., & Shanahan, M.-C. (2010). Connecting high school physics experiences, outcome expectations, physics identity, and physics career choice: A gender study. Journal of Research in Science Teaching, 47(8), 978–1003. https://doi.org/10.1002/tea.20363