Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mahasiswa dapat merancang desain pembelajaran sesuai dengan amanat kurukulum yang berlaku, karakteristik perkembangan peserta didik, dan kekhasan mata pelajaran sosiologi sebagai wujud pengembangan keterampilan pedagogy calon pendidik. Mengkaji konsep dasar, teori-teori dalam kurikulum, perkembangan kurikulum di Indonesia, ruang lingkup serta kedalaman materi ajar SMA sesuai KI dan KD melalui analisis ragam buku teks sosiologi, mencoba mengaplikasikan pengembangan materi ajar guna mengasah keterampilan serta kemampuan unsur pedagodis.
Capaian Pembelajaran
  • Responsif dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKS.
  • Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan dan kebaharuan kurikulum yang berlaku di Indonesia serta mengevaluasi kedalaman materi pemiatan sosiologi melalui telaah standar kompetensi dasar dari kurikulum.
  • Mampu memanfaatkan TI dalam belajar dan berkarya sekaligus mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Mendesain berbagai aktifitas pembelajaran sesuai dengan prinsip etika profesi.
Daftar Pustaka:
  • Beane A. James (1997), Curriculum Integration: Designing The Core of Democratic Eduction, Teachers College Press, Columbia University
  • Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
  • Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kmpetensi Dasar Pada Kurikulum 2013
  • Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Ar Ruzz Media
  • Hamalik Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, PT. Remaja Rosda Makalah, Bandung, 2006
  • Nana Syaodih Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktek). Cet.11, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung: 2009
  • Schiro, Michael Stephen. 2017. Teori Kurikulum. Yogyakarta: Indeks
  • Seel, Norbert M. dan Dijkstra, Sanne. 2004. Curriculum, Plans, and Processes in Instructional Design: International Perspectives. London: LEA
  • Buku Siswa Sosiologi Kelas X/XI/XII Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial untuk SMA/MA
  • Buku Guru Sosiologi Kelas X/XI/XII Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial untuk SMA/MA
  • Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Tingkat Dasar dan Menengah