Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
GZ-GZ
Deskripsi:
Dalam beberapa tahun terakhir, lingkungan bisnis telah menyaksikan sebuah revolusi karena teknologi internet. Teknologi tersebut secara signifikan mempengaruhi cara sebuah bisnis menjual produk mereka dan berinteraksi dengan pemasok mereka. E-Marketing akan membantu Anda mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip dan praktik penggunaan Internet dan teknologi lainnya seperti media sosial dan telepon seluler untuk memasarkan barang dan jasa. Meneliti berbagai model bisnis yang digunakan dalam pemasaran elektronik, dan mengeksplorasi teknik dan metodologi untuk melakukan penelitian e-market dan mengembangkan kecerdasan kompetitif dalam sebuah organisasi. Selain itu, E-Marketing juga menjabarkan secara rinci untuk merencanakan dan menerapkan strategi E-Marketing yang komprehensif menggunakan strategi penetapan harga alternatif, periklanan dan promosi, dan jalur distribusi. E-Marketing juga mempertimbangkan isu penting lainnya seperti akuisisi dan retensi pelanggan, dan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam penerapan strategi E-Marketing di pasar global.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi konsep dasar dan karakteristik dari pemasaran online.
  • Mampu memahami berbagai jenis saluran dan media dalam pemasaran online.
  • Mampu menguasai dan menerapkan berbagai strategi dalam pemasaran online.
  • Mampu memahami dan menganalisis cara kerja dalam pemasaran online.
  • Mampu memahami dan menerapkan konsep CRM dalam kegiatan bisnis
  • Menemukan gagasan baru dalam pemasaran online"
Daftar Pustaka:
  • Emarketing Institute, 2017. “Internet Marketing Online Marketing Fundamentals: Course Material-Knowledge Required-for Certificate”, eMarketing Institute, Copenhagen Denmark.
  • Jones Alex Trengove, Anna Malezyk, Justin Beneke, 2013. “Internet Marketing: A Highly Practical Guide to Every Aspect of Internet Marketing”, GetSmarter: the Creative Commens BY-NC 3.0.
  • Nirmala, Endar. 2013. “Pemasaran Online: Kelas 10 Semester 2”, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata, Jakarta.
  • Nirmala, Endar. Putu Budayasa. Ani Setiani, 2013. “Pemasaran Online I”, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Direktorat Pembinaan SMK, Jakarta.
  • Ryan, Damian dan Calvin Jones, 2009. “Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation”, Kogan Page Limited, Great Britain and United State
  • Susanto, Jimmy dan Juanda Rovelim, 2016. “Digital Marketing in Action: 70 Strategi Mudah dan Efektif untuk Memenangkan Persaingan di Era Digital”, PLP Book, Jakarta.