Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup Animasi, meliputi: memahami dan mempraktikkan secara disiplin dan mandiri dalam hal keilmuan animasi 2D sesuai 12 prinsip animasi yang diwujudkan dalam tugas mingguan dan tugas akhir yang meliputi kompetensi: (1) animasi flipbook (manual) bouncing ball, walkcycle, jump and runcycle, serta ekspresi wajah ; (2) Animasi pendek (dengan perangkat lunak 2 dimensi) yang mengaplikasikan teori bouncing ball, walkcycle, jump and runcycle, serta ekspresi wajah berdasarkan 12 prinsip animasi
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai struktur kerja animasi 2 dimensi.
  • 2. Menguasai teori sejarah dan wawasan animasi.
  • 3. Menguasai teknik merancang animasi baaik manual maupun digital.
  • 4. Menguasai kompetensi prinsip kerja animasi flipbook, bouncing ball, walkcycle, jump and runcycle, serta ekspresi wajah.
  • 5. Menguasai prinsip kerja animasi pendek dengan perangkat lunak.
  • 6. Merancang animasi dengan konsep tematik sebagai media penunjang pembejaran seni rupa.
Daftar Pustaka:
  • Adriyanto, Bambang, 2010. Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash. Jakarta: Kemendiknas. Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Prakosa, Gatot. 2010. Pengetahuan Dasar Animasi Indonesia. Jakarta: Fakultas Film dan Kesenian Jakarta. Sugihartono, Ranang Agung dkk. 2010. Animasi kartun diri dari analog sampai digital. Jakarta : Indeks.