Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa mencari dan menganalisis bahan-bahan pustaka yang relefan dengan tema penelitian disertasinya; kemudian mensintesisnya menjadi naskah yang memaparkan secara komprehensif state of the art bidang penelitian yang akan dikembangkan beserta isu-isu yang melingkupinya sehingga dapat dirumuskan masalah penelitian yang jelas nilai kebaruan (novelty) nya. Kegiatan belajar mahasiswa pada hakekatnya bersifat mandiri di bawah supervisi tim dosen pembina matakuliah. Pertemuan rutin perkuliahan digunakan oleh mahasiswa untuk melaporkan atau mempresentasikan kemajuan hasil kerjanya untuk mendapatkan masukan dari dosen dan mahasiswa lainnya.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memaparkan secara komprehensif state of the art bidang penelitian yang akan dikembangkan beserta isu-isu yang melingkupinya sehingga dapat dirumuskan masalah penelitian yang jelas nilai kebaruan (novelty)nya
Daftar Pustaka:
  • Artikel-artikel yang dipublikasikan melalui jurnal internasional bereputasi pada bidang yang sesuai dengan tema penelitian yang akan dikembangkan.