Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A2A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Pemrograman Visual merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan Pemrograman Visual dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola media pembelajaran yang dikonstruksi dari Pemrograman Visual dengan efektif. Media pembelajaran yang dikonstruksi dari Pemrograman Visual secara umum meliputi kegiatan pengembangan media, pemanfaatan media, Pengelolaan media, Assessing/ Evaluasi terhadap media, hingga mengimplementasikan media yang dikontruksi dari Pemrograman Visual dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu melakukan proses keputusan secara mandiri dalam konteks Pemrograman Visual dalam pembelajaran berdasarkan berdasarkan prinsip, teori, dan praktik efektif dalam mengembangkan, menggunakan, mengelola dan melakukan evaluasi Pemrograman Visual dalam pembelajaran.
  • Mahasiswa memiliki sikap dalam menghargai keilmuan media pembelajaran, kepekaan terhadap kebutuhan pebelajar sebagai pengguna hasil pengembangan media melalui Pemrograman Visual, serta menggunakan etika akademik dalam mengevaluasi media yang dikonetruksi Pemrograman Visual sebagai salah satu bagian lingkungan belajar secara responsif dan adaptif
  • Mahasiswa menunjukkan kemampuan logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pengembangan, penggunaan dan pengelolaan media pembelajaran yang dikontruksi dari Pemrograman Visual baik secara individu maupun kelompok.
  • Mahasiswa secara khusus memiliki kemampuan pengembangan pada konteks media dengan Pemrograman Visual, mengimplementasikan media yang dikonstruksi dari Pemrograman Visual dengan berbagai macam strategi dan praktik pembelajaran dalam lingkungan belajar pada komunitas pembelajaran yang beragam, serta mengevaluasinya berdasarkan mekanisme pembelajaran dan kinerja berdasarkan etika prinsip keselarasan keberagaman pebelajar dan menjunjung hak cipta
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.