Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AA-AUD
Deskripsi:
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang hakikat desain pembelajaran anak usia dini (rasional, pengertian, prinsip). Analisis desain pembelajaran dari berbagai negara. Jenis-jenis desain pembelajaran dan langkah-langkah desain pembelajaran anak usia dini, keterampilan dalam menyusun desain pembelajaran (lesson plan) dan mengadakan validasi desain pembelajaran untuk anak usia dini
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai landasan, konsep dasar, prinsip desain pembelajaran anak usia dini.
  • Mampu menganalisis macam-macam ragam desain pembelajaran.
  • Menguasai Kurikulum PAUD
  • Mampu menyusun desain pembelajaran sesuai prinsip-prinsip pembelajaran PAUD.
  • Mampu mengembangkan desain pembelajaran PAUD, memvalidasi mengimplementasikan desain pembelajaran AUD
Daftar Pustaka:
  • 1. Hernawan, H A dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : UPI Press
  • 2. Jumhana, Nana & Sukirman. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung:UPI PRESS
  • 3. Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • 4. Masitoh, dkk., 2005. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas
  • 5. Mustofa, dkk., 2015. Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran AUD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  • 6. Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual berdasarkan Sisko. Jakarta: Grasindo
  • 7. Nugraha, dkk., 2015. Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  • 8. Seefeldt C dan Nita B. 1994. Early Childhood Education. New York: Macmillan
  • 9. Sutirjo dan Sri Istuti Mamik. 2005. Tematik, Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.