Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A2A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Desain Pembelajaran merupakan matakuliah yang mengkonstruksi bagaimana mendesain pembelajaran dengan menerapkan konten pedagogy melalui pengembangan diri menjadi praktisi yang mampu menunjukkan Desain Pembelajaran melalui pemanfaatan proses-proses dan sumber-sumber belajar mutakhir. Desain pembelajaran dilakukan melalui pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, evaluasi, dengan mempertimbangkan keragaman dan kode etik profesi teknologi pendidikan yang dilakukan secara faktual, konseptual dan prosedural dalam konteks keilmuan desain pembelajaran
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam merancang konten pedagogi sebagai upaya peningkatan pembelajaran dan kinerja, menerapkan teknologi dan proses, studi dan penilaian belajar dan pembelajaran.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan mengkonstruksi sikap dalam menghargai keilmuan perancangan pembelajaran, kepekaan terhadap pebelajar sebagai pengguna hasil desain sebagai salah satu lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif.
  • Matakuliah desain pembelajaran memberikan kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok sehingga secara khusus dapat menunjukkan, melakukan pengelolaan proses desain pembelajaran berdasarkan lingkungan yang multikultural
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.