Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Pengenalan evaluasi proses dan hasil belajar, kedudukan evaluasi dalam pendidikan, hubungan antara evaluasi dan Capaian Pembelajaran/Learning Outcome:, evaluasi dengan teknik tes, evaluasi dengan teknik non tes, penilaian ranah kognitif, ranah psikomotor, ranah afektif, pengolahan biji menjadi nilai, analisis tes, Asesmen Autentik, Asesmen Kinerja, Portofolio, dan Asesmen Alternatif.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu mendeskripsikan tujuan, fungsi dan prinsip penilaian dalam pembelajaran sains
  • Mampu mendeskripsikan tujuan, fungsi dan prinsip penilaian dalam pembelajaran sains
  • Mampu merumuskan indikator kompetensi dan tujuan pembelajaran
  • Mampu merumuskan indikator kompetensi dan tujuan pembelajaran
  • Mampu menganalisis ranah kognitif-afektif-psikomotorik
  • Mampu menganalisis ranah kognitif-afektif-psikomotorik
  • Mampu menyusun dan mengembangkan instrument penilaian hasil belajar dengan teknik tes dan non tes berbasis web
  • Mampu menyusun dan mengembangkan instrument penilaian hasil belajar dengan teknik tes dan non tes berbasis web
  • Mampu Menganalisis hasil tes
  • Mampu Menganalisis hasil tes
  • Mampu menyusun Pengolahan Hasil Pengukuran
  • Mampu menyusun Pengolahan Hasil Pengukuran
  • Interpretasi, Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian
  • Interpretasi, Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian
Daftar Pustaka:
  • Anderson, L. W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing the Quality of Teacher Decision Making. London: Lawrence Erlbaum Associates, Inc
  • (10) Kardi, Suparman. 2004. Tujuan Pembelajaran. Makalah Pelatihan Dosen untuk Mengembangkan Kemampuan Self Regulated Learning Mahasiswa. Jurusan Biologi: FMIPA UM
  • (11) Manitoba education. 2006. Rethinking classroom assessment with purpose in mind: assessment for learning, assessment as learning, assessment of learning. Canada: Manitoba Edu
  • (12) Mohammad Nur, Prima Retno Wikadari. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya
  • (13) Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Psikomotor. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menenga. 2014
  • (14) Permendikbud Th. 2016 No. 023 Ttg. Standar Penilaian.pdf
  • Pellegrino, J. W. 2014. Assessment as a positive influence on 21st century teaching and learning: A systems approach to progress. Psicologia Educativa, 20(2), 65–77. https://doi.org/10.1016/j.pse.2014.11.002
  • (16) Sari,M.S,Sunarmi
  • (17) Sari,M.S.,Sunarmi,Sulasmi E.S,Wicaksono,R.,Sudarajad,K., ,2019. Information literacy skill: An alternative to support biology student’s learning outcomes,JPBI p-ISSN 2442-3750, e-ISSN 2537-6204 // Vol. 5 No. 3 November 2019, pp. 451-458
  • (18) Sari,M.S,Sunarmi,Sulasmi E.S,Mawardah,K.,2019. Formative assessment in project-based learning: Supporting alternative on the learning outcome of biology students in university. AIP Conference Proceedings 2120, 060009 (2019); https://doi.org/10.1063/1.5115709
  • (19) Sunarmi dan Triastono. 2016. Asesmen dan Evaluasi. Malang: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Peningkatan Manajemen Pendidikan Tinggi , Departemen Pedidikan Nasional
  • Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. NewYork: Longman.
  • (3) Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
  • (4) Collins, Angelo. 1992. Portofolio for Science Education: Isusess In Purpose, Structure and Authenticity. Science Education 76 (4): 451-463
  • (5) Dave, R. H. 1967. Taxonomy of Educational Objectives and Achievment Test. London: University of London Press
  • (6) Depdiknas, 2014. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Sikap: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
  • (7) Griffin, P. & Care, E. 2015. Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. New York: Springer
  • (8) Handayani, 2016. Pengembangan Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Lawang. Universitas Negeri Malang
  • (9) Ibrohim, Muslimin. 2002. Asesmen Alternatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah