Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Memahami prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian pengembangan serta penerapannya dalam bidang pendidikan yang meliputi landasan teoritik dan filosofik, perancangan, observasi kebutuhan pengguna media, model media, dan perancangan, serta melakukan uji validasi untuk menyakinkan kualitas prodak media pembelajaran guna digunakan sebagai salah satu usulan penelitian untuk tesis.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian pengembangan serta penerapannya dalam bidang pendidikan seni rupa.
  • Mampu menganalisis kebutuhan pengguna media, model media, dan merancang media pembelajaran seni Rupa.
  • Mampu merancang instrumen dan melakukan uji validasi produk media pembelajaran seni rupa.
  • Mampu merancang proposal penelitian pengembangan untuk diajukan sebagai usulan penelitian tesis
Daftar Pustaka:
  • Irintara, Yosal. 2009. Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  • Pranata, Moeljadi. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Seni Rupa di SMP/SMA. Malang: PPG UM.
  • Pranata, Moelyadi. 2004.” Efek Redundansi: Desain Pesan Multimedia Dan Teori Pemrosesan Informasi” artikel Jurnal Desain Komunikasi Visual vol 6 no 2: Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kresten Petra.
  • Roqib, Moh. 2011. Prophetic Education: Kontekstualisasi filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Stain Press.
  • Setyosari, Punaji. 2008. Pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran. Malang: Panitia Sergur Rayon 15 UM.
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
  • Widiasmoro, Erwin. 2017. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.