Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A21-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Peran Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keilmuan implementasi Teknologi Pendidikan. Peran Teknologi Pendidikan merupakan implementasi yang mendasari pengembang teknologi pendidikan untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik. Secara teoritis Peran pengembangan teknologi pendidikan berdasarkan keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis dan praktis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • • Mahasiswa mengkontruksi pengetahuan secara riil berbagai pendekatan sistem, pemilihan sumberdaya yang terkandung dalam keilmuan teknologi pendidikan, bagaimana secara keilmuan melakukan evaluasi dan pengelolaan yang terkait dengan memfasilitasi belajar dan peningkatan performa.
  • • Mahasiswa memiliki sikap menghargai keilmuan teknologi pendidikan dalam wujud peran pengembang teknologi pendidikan, kepekaan terhadap masyarakat sebagai lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif
  • • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok, sehingga secara khusus mampu mengeimplementasikan pengetahuan secara efektif dan sesuai etika profesi Teknologi Pendidikan.
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.