Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
GKD-D
Deskripsi:
Kajian pada matakuliah ini meliputi analisis secara kritis materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan, miskonsepsi, dan literasi bidang kajian pendidikan dasar (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan seni, IPS, dan PPKn) secara inter dan multidiplin berdasarkan perkembangan pengetahuan terkini. Bahan kajian matakuliah ini meliputihakekat pembelajaran terpadu di SD, konteks teoritik pembelajaran terpadu di SD, prinsip dan prosedur pelaksanaan pembelajaran terpadu di SD, pembelajaran tematik di SD, model pembelajaran terpadu dan tematik di SD, problema model pembelajaran terpadu dan tematik di SD, perangkat pembelajaran terpadu dan tematik serta mempraktikan pembelajaran terpadu dan tematik bagi anak usia SD
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu: (1) memecahkan masalah integratif dengan multi dan interdisipliner materi Bahasa Indonesia, PKn, IPS, Matematika, IPA, dan seni budaya, dan (2) menyusun dan mengembangkan bahan ajar terintegrasi dengan prinsip pengetahuan muatan pedadogis (pedagogical content knowledge).
Daftar Pustaka:
  • Chaniago, N. S., & Fadhli, M. (Editors). 2018. Pembelajaran Terpadu: Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip, dan Model. Medan: LPPPI.
  • Fogarty, R., & Pete, B. M. 2009. How to Integrate the Curricula. Thousand Oaks, California: Corwin.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahan Ajar: Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu.
  • Kysilka, M. L. 1998. Understanding Integrated Curriculum. The Curriculum Journal, 9(2): 197-209.
  • Lenoir, Y., & Hasni, A. 2016. Interdisciplinary in Primary and Secondary Schools: Issues and Perspectives. Creative Education, 7(16).
  • Schumacher, D. H. 1995. Five Levels of Curriculum Integration Defined, Refined, and Described. Research in Middle Level Education, 18(3): 73-94.
  • Stephens, P. J. 2007. Does Integrated Thematic Instruction Motivate and Engage Culturally and Linguistically Diverse Students in Self-directed Learning?
  • Todd, R. J. 2010. Curriculum Integration. Camberwell: Acer Press.