Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa agar mampu menyusun skenario pembelajaran BSI yang inovatif sekaligus terampil melaksanakannya dalam kegiatan peer-teaching. Matakuliah ini memuat materi: (1) konsep pembelajaran mikro, (2) konsep keterampilan dasar mengajar, (3) teknik penyusunan perencanaan pembelajaran BSI yang tepat, (4) teknik penyusunan skenario pembelajaran BSI yang inovatif, (5) teknik praktik melaksanakan pembelajaran yang efektif, serta (6) teknik penilaian pembelajaran BSI yang tepat.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman pengertian, manfaat, dan tujuan pengajaran mikro.
  • Memiliki pemahaman konsep keterampilan dasar mengajar
  • Terampil menyusun skenario pembelajaran BSI yang inovatif.
  • Terampil melaksanakan praktik pembelajaran BSI yang efektif.
Daftar Pustaka:
  • Thomas, N., & Rose, H. L. (2018). Do language learning strategies need to be self-directed? Disentangling strategies from self-regulated learning. Tesol Quarterly, 53(1).
  • Godwin-Jones, R. (2017). Smartphones and language learning. Language Learning & Technology, 21(2), 3-17.
  • Supriyadi, S. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG INOVATIF. FKIP e-PROCEEDING, 209-218.
  • MULYANTO WIDODO, M. W., Muhammad Fuad, M. F., & Siti Samhati, S. S. (2017, November). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia di Bandar Lampung. In Prosiding SEminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Berkarya dan Berinovasi untuk Bangsa. LP3M Unila.
  • Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
  • Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif.
  • Emaliana, I. (2017). Teacher-centered or student-centered learning approach to promote learning?. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 10(2), 59-70.
  • Loucky, J. P., & Ware, J. L. (2017). Flipped instruction methods and digital technologies in the language learning classroom.
  • Hrastinski, S. (2019). What do we mean by blended learning?. TechTrends, 63(5), 564-569.
  • Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2020). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers & Education, 144, 103701.
  • Hockly, N. (2018). Blended learning. Elt Journal, 72(1), 97-101.
  • Boelens, R., De Wever, B., & Voet, M. (2017). Four key challenges to the design of blended learning: A systematic literature review. Educational Research Review, 22, 1-18.
  • Tomlinson, B., & Masuhara, H. (2017). The complete guide to the theory and practice of materials development for language learning. John Wiley & Sons.
  • Kessler, G. (2018). Technology and the future of language teaching. Foreign language annals, 51(1), 205-218.