Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide rancangan dalam bahasa rupa secara mandiri dan kreatif dalam bentuk: gambar, model, dan digital. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (1) memahami pengetahuan lanjut teori nirmana khususnya tiga dimensi, yaitu kualitas unsur rupa tiga dimensi dan prinsip/kaidah organisasi visual tiga dimensi, (2) mendalami prinsip / kaidah organisasi visual tiga dimensi sebagai kaidah pembentukan visualisasi tiga dimensi yang artistik, dan (3) mengaplikasikannya dalam visualisasi tiga dimensi, yang memanfaatkan variasi medium, sifat, dan struktur visual tiga dimensi yang geometrik atau non geometrik.
Capaian Pembelajaran
  • a) Memilikikemampuandalammenentukangagasanmelalui proses penyusunanelemen visual gunamemecahkanmasalahdesainkomunikasivisual.
  • b) Memilikiketerampilanuntukmenghasilkankaryanirmana yang menyiratkanunsur media komunikasi dan menginformasikankaryadesain.
  • c) Terampildalammenyajikankonsep visual (produkdesain) dua dimensional untukmempresentasikandesainkomunikasi visual.
Daftar Pustaka:
  • Djelantik, A A M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Ebdi Sanyoto, Sajiman. 2010.Nirmana. Yogyakarta: Jalasutra Indrawati, Lilik. 2004. Nirmana. Malang: Jurusan Seni Dan Desain. Junaedi, Deni. 2004. Estetika, Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai,Yogyakarta: ArtCiv Gie, The Liang. 1990. Filsafat Keindahan. Jogjakarta: PUBIB. Wong, Wucius. 1972. Beberapa Azas Merancang Trimatra. Terjemahan Adjat Sakri. 1989. Bandung: Penerbit ITB.