Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Perkuliahan ini mengkaji berbagai teori-teori dan prinsip-prinsip belajar dari berbagai pendekatan. Perkuliahan ini juga memberikan wawasan untuk mengenal berbagai isu-isu kontemporer tentang Pendidikan terkait sains dari belajar. Lebih jauh, perkuliahan ini juga membahas kaitan belajar dengan berbagai factor seperti teknologi, berpikir kritis, pemecahan masalah, variasi perkembangan, kebutuhan, dan budaya individual pebelajar termasuk pebelajar dengan kebutuhan khusus. Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan yang disajikan dalam perkuliahan untuk mengkritisi berbagai problem belajar yang terjadi di dunia pendidikan. Semua pengalaman yang akan dialami mahasiswa dikemas lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi kelas
Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengkaji problem-problem belajar dari aspek psikologis
  • Mampu mendemonstrasikan pemahaman akan teori-teori belajar dari sudut pandang kognisi, behavioral, humanis, social learning, dan konstruktivis serta kaitannya dengan memori dan belajar
  • Memiliki kemampuan untuk menemukan cara di mana teori-teori belajar bisa diterapkan dengan lebih baik dalam pembelajaran
  • Memahami berbagai isu-isu kontemporer dalam Pendidikan terkait dengan sains tentang belajar.
  • Memahami proses-proses yang saling terkait antara teknologi, belajar, berpikir kritis, dan pemecahan masalah, termasuk variasi perkembangan, kebergaman kebutuhan dan budaya serta siswa dengan kebutuhan khusus
Daftar Pustaka:
  • Driscoll, M. P. 2013. Psychology of Learning for Instruction. Boston: Pearson
  • Benassi, V. A., Overson, C. E., & Hakala, C. M. (2014). Applying science of learning in education: Infusing psychological science into the curriculum. Retrieved from the Society for the Teaching of Psychology web site: http://teachpsych.org/ebooks/asle2014/index.php
  • D. S. Dunn, D.S., Halonen, J.S. and Smith, R.A. (editors). 2008. Teaching Critical Thinking in Psychology: A Handbook of Best Practices. Malden, MA.: Blackwell Publishing.