Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mendeskripsikan konsep strategi, model, metode dalam pembelajaran; mengindentifikasi ragam model dan metode, menganalisis standar proses pendidikan dasar dan menengah; menunjukkan langkah-langkah dalam menyusun desain pembelajaran; merancang strategi pembelajaran sosiologi yang relevandengan amanat kurikulum, kekhasan mata pelajaran sosiologi, dan perkembangan peserta didik, sehingga mampu mengolaborasikan strategi dan desain menjadi daya tepat guna dalam pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mendeskripsikan konsep strategi, model, metode dalam pembelajaran; mengindentifikasi ragam model dan metode, menganalisis standar proses pendidikan dasar dan menengah; menunjukkan langkah-langkah dalam menyusun desain pembelajaran; merancang strategi pembelajaran sosiologi yang relevandengan amanat kurikulum, kekhasan mata pelajaran sosiologi, dan perkembangan peserta didik, sehingga mampu mengolaborasikan strategi dan desain menjadi daya tepat guna dalam pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan amanat kurikulum, mengembangkan pembelajaran efektif, kreatif, dan menarik sebagai bekal menjadi seorang pendidik masa depan.
- Menerapkan konsep-konsep dalam rancangan pembelajaran sosiologi yang terdiri atas metode, pendekatan, strategi, dan model yang sesuai dengan standar proses kurikulum yang berlaku.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu merealisasikan perilaku belajar mengajar yang berasaskan pada pembangunan karakter bangsa
- Hadisubroto, T., & Herawati, I.S. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Sulo, L.A. e.a. 1996. Pengajaran Mikro. Jakarta
- Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo.
- Sayono, J. 2005. Buku Teknis Praktik Pengalaman Lapangan: Bidang Studi Pendidikan Sejarah.Malang: UPT PPL UM.
- Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar: Dengan Metode Pendekatan Ketrampilan Proses. Surabaya: SIC.
- Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta: PT. Bhumi Aksara.
- Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Stándar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
- Degeng, N.S. 2001. Belajar Mengajar Quantum: Materi Pelatihan pada Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: LP3 UM.
- Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Penterjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Center (MLC).
- Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Proyek PGSM. 1997. APKG I Penilaian Rencana Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud
- Proyek PGSM. 1997. APKG II Penilaian Prosedur Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud
- Teacher: Alan Sigit Fibrianto