Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mendeskripsikan konsep strategi, model, metode dalam pembelajaran; mengindentifikasi ragam model dan metode, menganalisis standar proses pendidikan dasar dan menengah; menunjukkan langkah-langkah dalam menyusun desain pembelajaran; merancang strategi pembelajaran sosiologi yang relevandengan amanat kurikulum, kekhasan mata pelajaran sosiologi, dan perkembangan peserta didik, sehingga mampu mengolaborasikan strategi dan desain menjadi daya tepat guna dalam pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan amanat kurikulum, mengembangkan pembelajaran efektif, kreatif, dan menarik sebagai bekal menjadi seorang pendidik masa depan.
  • Menerapkan konsep-konsep dalam rancangan pembelajaran sosiologi yang terdiri atas metode, pendekatan, strategi, dan model yang sesuai dengan standar proses kurikulum yang berlaku.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu merealisasikan perilaku belajar mengajar yang berasaskan pada pembangunan karakter bangsa
Daftar Pustaka:
  • Hadisubroto, T., & Herawati, I.S. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.
  • Sulo, L.A. e.a. 1996. Pengajaran Mikro. Jakarta
  • Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo.
  • Sayono, J. 2005. Buku Teknis Praktik Pengalaman Lapangan: Bidang Studi Pendidikan Sejarah.Malang: UPT PPL UM.
  • Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar: Dengan Metode Pendekatan Ketrampilan Proses. Surabaya: SIC.
  • Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta: PT. Bhumi Aksara.
  • Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Stándar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  • De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
  • Degeng, N.S. 2001. Belajar Mengajar Quantum: Materi Pelatihan pada Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: LP3 UM.
  • Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Penterjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Center (MLC).
  • Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Proyek PGSM. 1997. APKG I Penilaian Rencana Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud
  • Proyek PGSM. 1997. APKG II Penilaian Prosedur Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud