Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup Metodologi Penelitian, meliputi: (a) hakekat, konsep, fungsi, peranan, paradigma dan jenis penelitian seni/kriya/desain; (b) hakekat penelitian kuantitatif, kualitatif, tindakan kelas, pengkajian, perancangan, dan metode riset pengembangan seni/kriya/desain terkait rumusan permasalahan penelitian dan tujuan penelitian; (c) keragaman konsep, asumsi, prosedur dan pendekatan, struktur dan tipe kritik seni/kriya/desain (d) konsep, prinsip dan prosedur berbagai jenis riset seni/kriya/desain € penelusuran penelitian dan kajian teori penelitian seni/kriy/desain; (f) variabel, jenis data, populasi dan sampel; (h) teknik dan metode pengumpulan data.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasaikonsepdasarfilosofis,psikologis,dansosiologiskeberadaanpenelitianseni/kriya/desaindalampendidikan.
  • 2. Menguasaidanmemahamikonsepdasarberbagaijenispenelitian, terkaitdenganpenelitiankependidikan,metodepengkajiandanmetoderisetpenciptaan,risetpengembangan, danrisetperancangansertapraktekberkaryailmiahbidangseni/kriya/desain.
  • 3. Menguasaihakekatfakta,konsep,prinsip,prosedur,analisisdanpenerapanpenelitian, dalamkontekskekinian.
  • 4. Menguraikandanmenganalisiskomponenpenelitiandalambidangseni/kriya/desain.
Daftar Pustaka:
  • 1. Moleong,LexyJ.,1991,MetodologiPenelitianKualitatif,cetakanke3,Bandung:RemadjaRosdakarya. 2. Muhadjir,H.Noeng,2000,MetodePenelitianKualitatif.Yogyakarta:Sarasin. 3. Suharsini,Arikunto,1997.MetodePenelitianKuantitaif. 4. Soedarsono,R.M.2005.MetodePenelitianSeni.Yogyakarta:UniversitasGajahmadaPress