Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A1-A1
Deskripsi:

Konsep dasar belajar dan pembelajaran, ragam teori belajar serta implikasinya dalam menentukan aktivitas pembelajaran, karakteristik tiap teori beserta analisa pemilihan teori dan pendekatan belajar, komponen pembelajaran dan analisa kebutuhan dalam pembelajaran, serta ragam teori pembelajaran serta strategi implementasinya.

Pendekatan belajar yang digunakan melibatkan pembelajaran berorientasi pada pengalaman nyata dan penyelesaian masalah pembelajaran dilingkungan kegiatan pendidikan. Materi dan pengalaman belajar dirancang untuk melibatkan mahasiswa lebih aktif dalam berkontribusi menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan pendidik secara umum.

Mahasiswa pada akhirnya dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan hasil kegiatan analisis dari aspek karakteristik peserta didik, landasan pendidikan dalam bingkai budaya Indonesia dan konteks kehidupan global yang beradab, teori belajar dan praktik pembelajaran, dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi secara bertanggungjawab, dengan memperhatikan tata cara dan etika ilmiah, melalui pemikiran logis, kritis, antisipatif, kreatif, inovatif, dan fleksibel.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar (prinsip dan hukum dasar) berdasarkan paradigma terkemuka.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara detail bagian-bagian (ranah) dalam keilmuan pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait.
Daftar Pustaka:
  • Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al (Eds..). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group)
  • 10. Mayer, R. E. Handbook of Research on Learning and Instruction (Educational Psychology Handbook Series).
  • 11. Schunk, D. H.. Learning Theories. An Educational Perspective. Sixth Edition. Pearson Ed.
  • 12. Slavin, R. E. Educational Psychology: Theory and Practice (8th edition).
  • 13. Uno, H. B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.
  • 2. Arends, R. Learning to Teach. McGraw-Hill Higher Education.
  • 3. Budiningsih, C. A. Teori Belajar dan Pembelajaran.
  • 4. Dahar, R. W. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti.
  • 5. Degeng, I N. S. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup
  • 6. Dwiyogo, W. D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Jakarta: Rajawali.
  • 7. Gredler, M. Learning and Insrtuction (Theory and Practice).
  • 8. Hitipeuw, I. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
  • 9. Joyce, B; M. Weil, & Calhoun, E. Models of Teaching (8th edition).