Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AM2-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pembelajaran melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang administrasi pendidikan secara mandiri; dan (3) Keterampilan, mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang administrasi pendidikan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kepemimpinan pembelajaran, peran kepala sekolah dalam kepemimpinan bidang kurikulum dan pembelajaran, asesmen dan penilaian pembelajaran, strategi pengembangan profesi guru, layanan prima dalam pembelajaran, dan komunitas belajar di sekolah. Matakuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep kepemimpinan pembelajaran dan hal-hal yang terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran, serta keterampilan dalam melaksanakan layanan prima dan membangun komunitas pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar kepemimpinan, khususnya kepemimpinan di bidang pendidikan, serta berbagai teori dan gaya kepemimpinan
  • Mampu menganalisis gaya kepemimpinan efektif sesuai dengan kekuasaan (power) dan situasi organisasi sekolah
  • Memahami budaya dan iklim organisasi, komunikasi, pembuatan keputusan, manajemen stres, manajemen konflk, nilai dan etika dalam kepemimpinan, serta pengembangan profesi pemimpin pendidikan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Bertucci, David I., 2009. Leadership in Organization. USA: University Press of America
  • Leithwood, K.A. 2015. Unmasking School Leadership. Ireland: Springer
  • Knippenberg, DV & Hogg, M.A. 2003. Leadership and Power. London: Sage Publication