Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
KM-MG
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen berbasis sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Mata kuliah ini berisi konsep dasar manajemen berbasis sekolah, meliputi pengertian, tujuan, dan karakteristiknya; proses manajemen berbasis sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan; komponen manajemen berbasis sekolah yang meliputi: kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, pembiayaan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah; prinsip MBS meliputi: kemandirian, keadilan, keterbukaan, kemitraan, partisipatif, efisiensi, dan akuntabilitas; dan teori dasar dan mampu memformasikan penyelesaian masalah bidang manajemen berbasis sekolah secara prosedural.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai proses manajemen berbasis sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dan komponen manajemen sekolah yang meliputi: (1) kurikulum dan pembelajaran, (2) peserta didik, (3) pendidik dan tenaga kependidikan, (4) pembiayaan, (5) sarana dan prasarana, (6) hubungan sekolah dan masyarakat, dan (7) budaya dan lingkungan sekolah.
  • Menguasai prinsip MBS meliputi: kemandirian, keadilan, keterbukaan, kemitraan, partisipatif, efisiensi, dan akuntabilitas.
  • Mampu memformulasikan penyelesaian masalah bidang manajemen berbasis sekolah secara prosedural
  • Ujian
  • Mampu memahami latar belakang dan landasan manajemen berbasis sekolah
Daftar Pustaka:
  • Androniceanu, A., Ristea, B., Uda, M.M. 2015. Leadership Competencies for Project Based School Management Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences.182 (13):232-238
  • Jenni, R. W. 1991. Application of the School Based Management (SBM) Process Development Model. School Effectiveness and School Improvement, ISSN 0924, Volume 2, Nomor 2, pp.136-151
  • Arar, K., Romi, A.A. 2016. School-Based Management: Arab Education System in Israel. Journal of Educational Administration. 54 (2):191-208
  • Bafadal, I. 2007. Pendidikan Dasar: Kotribusi, Artikulasi, Regulasi, Aktualisasi, Reorientasi dan Akselerasi. Disampaikan dalam Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Depdiknas
  • Bandur, A. 2012. School-Based Management Developments and Partnership: Evidence from Indonesia. International Journal of Educational Development. 32 (2): 316-328
  • Danim, S. 2010. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung Alfabeta.
  • Daud, K. 2015. The Implementation of School Based Management Policy: An Exploration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 172 (1):693–700
  • Gammage, D. T. 2008. Three Decades of Implementation of School Based Management in the Australian Capital Territorial and Victorian in Australia. The International Journal of Educational Management, Bradford, Volume 22, Edition 7, pp.664
  • Ganimian, A.J. 2016. Why Do Some School-Based Management Reforms Survive While Others Are Reversed? The cases of Honduras and Guatemala. International Journal of Educational Development. 47 (3):33–46
  • Hanafi, I., Ma’sum, M. 2015. Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan: Peran Komite Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXIV (1):58-66