Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Kepribadian menurut teori psikoanalisis (Id, ego, dan super ego; naluri, macam-macam naluri, dan penggunaan energi psikis; kecemasan dan mekanisme pertahanan ego; dan perkembangan kepribadian: fase oral, anal, falik, dan genital), teori behavioristik (pengkondisian klasik dan operan; jadwal perkuatan; tingkah laku tahayul dan shaping; pemerkuat primer dan sekunder; penggunaan stimulus aversif, generalisasi dan diskriminasi; dan belajar sosial) dan teori humanistik (kebutuhan bertingkat, self, medan fenomena, dan terapi nondirektif).
Capaian Pembelajaran
  • Menelaah struktur, dinamika, dan perkembangan kepribadian menurut teori spikoanalisis, behavioristik, dan humanistik.
  • memanfaatkan teori-teori kepribadian tersebut untuk membantu perkembangan kepribadian peserta didik secara sehat.
  • Menghargai perbedaan kepribadaian sebagai bentuk interaksi factor psikologis dan lingkungan alam dan masyarakat yang beragam.
Daftar Pustaka:
  • Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
  • Hall, C.S. & Lindzey, G. 1993. Teori-teori Psikodinamik (Klinis): Freud, Erikson, Jung, Adler, Fromm, Horney, Sullivan. (terjemahan A.Supratiknya). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  • Hall, C.S. & Lindzey, G. 1993. Teori-teori Sifat dan Behavioristik: Allport, Sheldon, Catell, Dollard, Miller & Skinner. (terjemahan A.Supratiknya). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  • Hall, C.S.&& Lindzey, G. 1993. Teori-teori Holistik (Organismik-Fenomenolos): Murray, Goldstein, Angyall, Maslow, Rogers, Binswanger, Boss, Lewin. (terjemahan A.Supratiknya). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  • Koswara, E. 1991. Teori-teori Kepribadian. Bandung: PT Eresco.
  • Suryabrata, S. 2010. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali.