Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah interdisipliner bidang biologi yang berbasis entrepreneurship. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mengekplor ide-ide kreatif yang didasarkan pada kaidah-kaidah keilmuan yang relevan, serta mampu mengaplikasikannya melalui proses uji coba yang dirancang secara sistematis dan rasional, sehingga menghasilkan produk riil yang mempunyai manfaat bagi kehidupan masyrakat, dan mempunyai nilai tambah secara ekonomi. Output dari implementasi ide mempunyai pertimbangan ekonomi, terkait cost and product, tampilan bentuk, fumgsi, manfaat dan kemasan serta kemampuan mahasiswa dalam komunikasi bisnis marketingnya. Ide kreatif mahasiswa yang dimunculkan boleh jadi dapat sebagai primordial karya ilmiah yang dapat ditindak lanjuti sebagai Skripsi atau PKM
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur bidang biologi, serta keterkaitannya dengan bidang ilmu terapan dan teknologi yang mampu menghasilkan produk yang inovatif
  • Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur bidang biologi, serta keterkaitannya dengan bidang ilmu terapan dan teknologi yang mampu menghasilkan produk yang inovatif
  • Mampu menggali, mengintegrasikan, dan mengkomunikasikan ide kreatif, logik dan inovatif, yang mempunyai hubungan dalam pemecahan serta peningkatan kualitas kehidupan
  • Mampu menggali, mengintegrasikan, dan mengkomunikasikan ide kreatif, logik dan inovatif, yang mempunyai hubungan dalam pemecahan serta peningkatan kualitas kehidupan
  • Menganalisis dan melakukan kerja laboratorium dalam pembuatan suatu produk biologi
  • Menganalisis dan melakukan kerja laboratorium dalam pembuatan suatu produk biologi
  • Mengidentifikasi dan merancang desain dan stratgei pemasaran suatu produk biologi
  • Mengidentifikasi dan merancang desain dan stratgei pemasaran suatu produk biologi
  • Mempromosikan produk yang dihasilkan, dengan teknik komunikasi bisnis melalui presentasi dan eksibisi
  • Mempromosikan produk yang dihasilkan, dengan teknik komunikasi bisnis melalui presentasi dan eksibisi
Daftar Pustaka:
  • Badan Pusat Statistik. Statistik UMKM tahun 2012 – 2013. diakses dari www.bps.go.id pada tanggal 23 Juni 2015.
  • Kementerian Perdagangan. Laporan Kinerja Menteri Perdagangan RI Tahun 2012. diakses pada tanggal 24 Juni 2015.
  • Kementerian Pertanian. 2011. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Pusat Pengembangan Pelatihan Pertanian: Modul Kelayakan Agribisnis. Jakarta.
  • Krisnamurthi, Bayu. 2000. Kiat Memulai Usaha Agribisnis bahan pelatihan calon pegawai purna bakti PT Telkom. IPB, Bogor.
  • Kordi K, M. Ghufran H. 2013. Farm Big Book - Budidaya Ikan Konsumsi di Air Tawar. Andi.Yogyakarta.
  • Kusumastanto, Tridoyo. Pengembangan Sumberdaya Kelautan Dalam Memperkokoh Perekonomian Nasional Abad 21. Diakses dari www.indomarine.or.id pada tanggal 24 Juni 2015
  • Liliyah, Arie. 2015. Gurihnya Bisnis di Sektor Perikanan Tangkap.diakses pada tanggal 24 Juni 2015.
  • Malahayati dan Hendry E. Ramdhan. 2015. 99 Bisnis Anak Muda. Penebar Plus. Jakarta.
  • Nyoman Tjager, Antonius Alijoyo, dkk. 2003. Corporate Governance – Tantangan dan Kesempatan Bagi Komunitas Bisnis Indonesia. Prehallindo. Jakarta.
  • Probowati, Anna. 2011.Strategi Pemilihan Supplier dalam Supply Chain Management pada Bisnis Ritel. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
  • Saragih, B. 2001. Agribisnis Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Pustaka Wirausaha Muda. Jakarta.
  • Bank Indonesia. 2014. Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Pembenihan Ikan Lele. diakses dari www.bi.go.id pada tanggal 25 Juni 2015.
  • Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta
  • Bank Indonesia. 2014. Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Pembenihan Ikan Patin. diakses dari www.bi.go.id pada tanggal 25 Juni 2015.
  • Bank Indonesia. 2014. Pola Pembiayaan Usaha Kecil, Penangkapan Ikan Laut. diakses dari www.bi.go.id pada tanggal 25 Juni 2015.
  • Departemen PSK-FPIK Institut Pertanian Bogor. 2010. Usaha Perikanan Tangkap. diakses pada tanggal 25 Juni 2015.
  • Hanafi, Dr. Mamduh M., MBA. 2009. Manajemen Risiko Edisi Kedua.UPP STIM YKPN Yogyakarta. Yogyakarta.
  • Uransyah MP. 2015. Langkah-Langkah Merencanakan Kegiatan Agribisnis. Diakses pada tanggal 04 Maret 2015.
  • Kementerian UMKM. Statistik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tahun 2010 – 2011. diakses dari www.depkop.go.id pada tanggal 24 Juni 2015.
  • Kementerian Perdagangan. Analisis Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Pengembangan UMKM Tahun 2013. diakses dari www.kemendag.go.id pada tanggal 24 Juni 2015.