Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
1) Hakekat sains, 2) Literasi sains, 3) STEM dalam pembelajaran IPA, 4) Analisa STEM sebagai pendekatan dan model pembelajaran IPA, 5) Perkembangan STEM di dunia, 6) Analisa pembelajaran STEM pada kurikulum di Indonesia, 7) Pengembangan desain pembelajaran IPA menggunakan pendekatan/model STEM, 8) Pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran IPA terintegrasi STEM (edukit, prototipe, alat sederhana).
Capaian Pembelajaran
  • 6.1. Menganalisis kaitan antara sains, teknologi, dan masyarakat serta mampu memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mengaplikasikan sebagai model pembelajaran kontekstual sebagai penunjangdalam mengembangkan IPA terpadu.
  • 6.2. Mengembangkan produk pembelajaran IPA berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics)
Daftar Pustaka:
  • Poedjiadi, A. 2005. Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. R Rosdakarya.
  • Sellers, S.L., Roberts, J., Giovanetto L., Friedrich K. & Hammargren, C. 2007. Reaching All Students, A Resource for Teaching in Science, Technology, & Environments (2nd edition). Wisconsin: Center for the Integration of Research, Teaching, and Learning (CIRTL).