Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) statistik, 2) data statistik, 3) pengukuran data statistik, 4) distribusi frekuensi, 5) pengukuran statistik, 6) statistik deskriptif dan inverensial, 7) aplikasi SPSS dalam statistik.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai,norma dan etika akademik.
  • Mahasiswa mendiversifikasi persamasalahan sosial yang ada dimasyarakat dengan menerapkan penggunaan statistik menjadi sajian data yang dapat dipahami.
  • Mahasiswa mampu mengakaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meghasilkan solusi, gagasan desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mahasiswa mampu menciptakan suatu usaha berbasis potensi dalam menerapkan ilmu setatistik terhadapa permasalahan sosial yang ada di masyarakat sesuai bidang keahliannya.
Daftar Pustaka:
  • Cohen Luis dkk. 2007. Research Method in Education. Sixth Edition. New York: Routledge
  • Susetyo, Budi. 2010. Statistika untuk Analisis Dta Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama
  • Cresswell, John W. 2008. Educational Research Third Edition. New Jersey: Pearson Education
  • Emzir. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press
  • Hadi, S. 1995. Statistik 1, 2, 3. Yogyakarta: Andi Offset
  • Nazir, Muhammad. 1995. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Nisfiannoor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  • Spiegel, Murray R. dan Larry J. Stephens. Statistik. Edisi Ketiga.
  • Sudjana. 1995. Metoda Statistika (Edisi ke 5). Bandung: Tarsito. 1995
  • Sugiyono. 2003 Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta