Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas (1) hakikat evaluasi pembelajaran BIPA (a) konsep dasar evaluasi pembelajaran BIPA, (b) karakteristik evaluasi pembelajaran BIPA, dan (c) fungsi evaluasi dalam pembelajaran bIPA , (2) prinsip dan prosedur evaluasi pembelajaran BIPA (a) tujuan belajar BIPA, (b) karakteristik pelajar BIPA, (c) substansi materi pembelajaran BIPA, (d) tingkat kesulitan materi evaluasi pembelajaran BIPA, (3) ragam evaluasi pembelajaran BIPA (a) ragam evaluasi berdasarkan tujuan, (b) ragam evaluasi berdasarkan aspek kebahasaan, (c) ragam evaluasi berdasarkan aspek keterampilan berbahasa, (d) ragam evaluasi berdasarkan aspek pragmatic, (4) strategi evaluasi pembelajaran BIPA (a) periode pelaksanaan evaluasi, (b) evaluasi berdasarkan model pembelajaran, (c) evaluasi klasikal dan individual, (d) Teknik pelaksanaan evaluasi , (5) prinsip dan prosedur pengembangan alat evaluasi pembelajaran BIPA (a) pemilihan materi evaluasi, (b) muatan isi materi evaluasi, (c) tingkat keterbacaan alat evelauasi, (d) bentuk alat evaluasi , (6) pengembangan rancangan evaluasi pembelajaran BIPA (a) evaluasi untuk penempatan pelajar dalam kelompok belajar, (b) evaluasi untuk mengetahui kemampuan awal pelajar, (c) evaluasi untuk mengukur capaian pembelajaran, (d) evaluasi untuk pembelrian skor (kecukupan, kecermatan, kelancaran, keselarasan), dan (7) pengembangan instrument evaluasi pembelajaran BIPA.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep teoretis evaluasi pembelajaran BIPA
  • Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur evaluasi pembelajaran BIPA
  • Menerapkan prinsip dan prosedur evaluasi dalam pembelajaran BIPA
Daftar Pustaka:
  • 1. Blaz, Deborah. 2013. Foreign Language Teacher's Guide to Active Learning. New York: Routledge.
  • 10. Sahbi Hidri & Christine Coombe (Editors). 2017. Evaluation in Foreign Language Education in the Middle East and North Africa. Switzerland: Springer International Publishing.
  • 11. Suyitno, Imam, dkk. 2018. Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA: Acuan Dasar Pengembangan Literasi Komunikatif Pelajar BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 12. Suyitno, Imam. 2017. Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 13. Suyitno, Imam. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA, Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 14. Suyitno, Imam. 2021. Pembelajaran BIPA, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikanya. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 2. Brown, H. Douglas. 2000. Teaching by Principles: an Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco, California: Longman.
  • 3. Brown, H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. San Francisco, California: Longman.
  • 4. Eastm Martin.2016. Assessing Foreign Language Students’ Spoken Profi ciency Stakeholder Perspectives on Assessment Innovation. London: Springer Science+Business Media
  • 5. Eva Alcón Soler and Alicia Martínez-Flor (editors).2008. Investigating Pragmatics in Foreign Language Learning, Teaching and Testing
  • 6. Hughes, Nora & Schwab, Irene. 2010. Teaching Adult Literacy: Principles and Practice. England: Open University Press
  • 7. J. Charles Alderson.2005. Diagnosing Foreign Language Proficiency: The Interface between Learning and Assessment. Niw York: Continuum
  • 8. Larsen-Freeman, Diane. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
  • 9. Meyer, Florian Kağan. 2012. Language Proficiency Testing for Chinese as a Foreign Language. Oxford: Peter Lang Edition.