Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
JJ-JJ
Deskripsi:
Konsep dasar dan prosedur evaluasi pendidikan; Prinsip dan metode penyusunan classroom test (Perencanaan test buatan guru, Penyusunan Test Benar-Salah, Penyusunan Test Multiple Choise, Penyusunan Test Essay); Teknik pengukuran ranah afektif dan psikomotorik; Teknik dan interpretasi hasil pengukuran; Analisis item tes (tingkat kesukaran dan daya beda); Reliabilitas dan validitas tes; Test terstandart; Penilaian versi Kurikulum 2013; Sofware untuk analisis test
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa memahami berbagai konsep pengukuran dan penilaian pendidikan serta ruang lingkup evaluasi pendidikan sebagai bekal untuk merancang program evaluasi belajar siswa
  • 2. Mahasiswa memahami berbagai metode dan prinsip-prinsip penyusunan classroom test untuk dapat mengkonstruksi instrument tes yang baik
  • 3. Mahasiswa trampil mengkonstruksi tes buatan guru, True-Fals; Multiple choice; matching item, dan essay test yang memenuhi kriteria penulisan soal yang baik
  • 4. Mahasiswa memahami berbagai teknik dan prinsip-prinsip pengukuran ranah afektif dan psikomotor untuk dapat merancang strategi dan instrument pengukuran ranah afektif dan psikomotor secara kreatif dan baik
  • 5. Mahasiswa memiliki ketrampilan dalam memanfaatkan hasil pengukuran untuk pengambilan keputusan guna meningkatkan kualitas pembelajaran
  • 6. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang karakteristik penilaian dalam Kurikulum 2013 versi Revisi 2017
  • 7. Mahasiswa memiliki ketrampilan dalam menganalisis kualitas instrument hasil belajar siswa dan secara kreatif mampu menciptakan alat analisis instrument hasil belajar berbasis teknologi informasi
Daftar Pustaka:
  • 1. David A. Erlandson; James Mc Namara; Maryanne Mc Namara. 2018. Measurement and Evaluation: Strategies for School Improvement. Routledge, Taylor and Francis Group. New York
  • 2. Douglas Pidgeon; Alfred Yates. 2018. An Introduction to Educational Measurement. Routledge, Revival
  • 3. Permendikbud No 20, 22, 23 Tahun 2016 tentang SKL, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, dan tentang KI/KD Kurikulum 2013
  • 4. Gilbert Sax. 1996. Principles of Educational and Psychological, Measurement and Evaluation. Wasington: An International Thomson Publishing Company
  • 5. Granlund, Norman E. 2003. Assesment of Student Achievement. Seventh Edition. New York: A and B.
  • 6. Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Penidikan. Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara Tim. 2003.
  • 7. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Psikomotor. Pascasarjana UNY.