Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Peran golongan intelektual sebagai motor penggerak perubahan di awal abad ke-20; tumbuh dan berkembangnya organisasi-organisasi modern pada masa pergerakan Indonesia; pendudukan Jepang (1942-1945); proklamasi kemerdekaan Indonesia 17-8-1945.
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Peran golongan intelektual sebagai motor penggerak perubahan di awal abad ke-20; tumbuh dan berkembangnya organisasi-organisasi modern pada masa pergerakan Indonesia; pendudukan Jepang (1942-1945); proklamasi kemerdekaan Indonesia 17-8-1945.
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi peran intelektual sebagai motor penggerak perubahan awal abad XX secara teliti.
- Mampu menganalisis pertumbuhan dan perkembangan organisasi modern pada masa pergerakan kebangsaan Indonesia secara kritis dan keratif.
- Mampu mengalisis pergerakan kebangsaan sejak masa pendudukan Jepang hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia secara kritis.
- Mampu menganalisis perjungan baik secara diplomasi maupun konfrontasi sejak tahun 1945 sampai 1949
- Mampu menulis karya ilmiah tentang sejarah pergerakan kebangsaan Indonesia dan mempresentasikannya secara kreatif
- Leirissa, R.Z. 2006. Kekuatan Ketiga dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Sejarah.
- Noer, D & Akbarsyah. 2005. KNIP, Parlemen Indonesia 1945-1950. Jakarta: Yayasan Risalah.
- Teacher: Arif Subekti