Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C21-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat & tujuan bicara dan bahasa dalam kehidupan sehari-hari, organ bicara dan proses bicara, peranan pendengaran dalam pembentukan bicara/bahasa, perkembangan bicara/bahasa, fonetik akustik dan artikulatoris, diagnosis hambatan/kelainan bicara dan bahasa, tatalaksana dan metode perbaikan bicara dan bahasa
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh mengenai hakikat, tujuan dan peranan bicara dan bahasa dalam kehidupan sehari-hari
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam peranan mengembangkan fungsi pendengaran dalam pembentukan bicara/bahasa, perkembangan bicara/bahasa
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Bunawan, L. & Yuwati, C. S. (2000). Penguasaan Bahasa Pada Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama.
  • Bunawan, L. (2004). Hekekat Ketunarunguan & Implikasi dalam Pendidikan. Makalah Pelatihan Dosen Pendidikan Luar Biasa, tidak diterbitkan. Jakarta.
  • Gregory, Susan (1998). Issues in Deaf Education, David Fulton Publisher, London
  • Hardman, M. L. et.al. (1990). Human Exceptionality (third ed.). Massachusetts: A Division of Simon & Schuster Inc.
  • Nugroho, B. (2004). Bina Wicara Anak tunarungu fonetik khusus Makalah pada Pelatihan Dosen Pendidikan Luar biasa, tidak diterbitkan. Jakarta.