Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-ABC
Deskripsi:
Profesi pendidik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) atau Continuing Professional Development (CPD); Konsep, prinsip, dan prosedur PTK; Konsep, prinsip, dan prosedur Lesson Study for Learning Community (LSLC); Lesson study sebagai sarana membangun Professional Learning Community (PLC); Reformasi Sekolah melalui Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS); Bentuk-bentuk praktik lesson study di Indonesia (LSBS, LS MGMP, LSc, dst); Pembelajaran Kolaboratif dalam Lesson Study; Pengembangan hapter design dan lesson design; Rambu-rambu melaksanakan open class (briefing, pelaksanaan pembelajaran, observasi dan refleksi); Usulan penelitian berbasis PTK dan Lesson Study
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis hakikat pembelajaran biologi/sains (filosofi, karakteristik) serta permasalahanya serta kaitannya dengan pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru sains
  • Mampu memahami dan terampil menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur PTK
  • Mampu memahami dan terampil menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur Lesson Study
  • Mampu menganalisis bentuk-bentuk prakti Lesson Study di Indonesia dan di Jepang
  • Mampu memadukan PTK dan Lesson Study sebagai sarana pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru secara berkelanjutan
  • Terampil menyusun lesson plan, mengobservasi pembelajaran melakukan refleksi
  • Terampil menganalisis pelajaran untuk menemukan masalah dan mencari alternatif solusi sebagai tema dalam menyusun proposal penelitian
Daftar Pustaka:
  • Istamar Syamsuri dan Ibrohim. 2011. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: UM Press.
  • Saito, E., Sumar, H., Harun, Ibrohim, Kuboki, I., dan Tachibana, H. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools, 9(1): 47-59
  • Saito, E., Harun, I., Kuboki, I., dan Tachibana, H. 2006a. Indonesian lesson study in Practies: Case Study of Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Journal of In-service Education, 32(2): 171-184
  • Stigler, W. S. & Hiebert, J. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving education in the classroom. New York: The Free Press
  • Stigler, W. S. & Hiebert, J. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving education in the classroom. New York: The Free Press
  • Herawati Susilo, dkk. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayu Media
  • Herawati Susilo, Husnul Chotimah, Yuyun Dwitasari. 2009. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesional Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.
  • Tatang S, Ibrohim, Ridwan J, Husnul Chotimah, and Naomi Takazawa. 2019. Harbinger of Lesson Study for Learning Community in Indonesia: In Lesson Study and School as Learning Community: London and New York: Routledge
  • Fujiwara, Y. et al. 2011. Lesson Study in Japan. Hiroshima: Keisuisha Co. Ltd
  • Matoba, M., Crawford, K.A., and Arani, M.R.S. 2006. Lesson Study: International Perspective on Policy and Practice. Beijing: Educational Science Publishing House
  • Sato, Manabu. 2013. Reformasi Sekolah: Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Jakarat: PELITA
  • Stoll, L., dan Louis, K.S. 2007. Professional Learning Community: Divergence, Depth, and Dilemmas. New York: McGraw Hill
  • Open University Press UU Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Delphi Publishing House