Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Standar Isi: Pendahuluan; Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum (Kerangka Dasar Kurikulum; Struktur Kurikulum; Standar Kompetensi dan Capaian Pembelajaran/Learning Outcome:). Beban Belajar; Kalender Pendidikan. Standar Kompetensi Lulusan: Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan; Standar Kompetenso Lulusan Kelompok Mata Pelajaran; Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Pendahuluan(Landasan, Tujuan, Pengertian, dan Prinsip-prinsip PengembanganKTSP); Komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Tujuan, Acuan operasional, Struktur dan Muatan KTSP, Kalender Pendidikan); Pengembangan Silabus (Pengertian, Prinsip Pengembangan, Unit waktu, Langkah-langkah pengembangan, Pengembangan Silabus Berkelanjutan). Pelaksanaan Penyusunan KTSP (analisis Konteks, Mekanisme Penyusunan).
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dan prinsip pengembangan kurikulum secara umum dan kaitannya dalam pembelajaran sains/biologi di SMA dan SMK.
  • Memahami konsep dan prinsip pengembangan kurikulum secara umum dan kaitannya dalam pembelajaran sains/biologi di SMA dan SMK.
  • Menelaah secara kritis konsep dan implementasi KTSP dalam kontek pendidikan dan pembelajaran biologi di SMA/SMK.
  • Menelaah secara kritis konsep dan implementasi KTSP dalam kontek pendidikan dan pembelajaran biologi di SMA/SMK.
  • Menganalisis secara kritis hubungan antara SKL, standar isi, standar proses dan standar penilaian dalam kaitan pengembangan kurikulum instruksional di biologi di SMA/SMK.
  • Menganalisis secara kritis hubungan antara SKL, standar isi, standar proses dan standar penilaian dalam kaitan pengembangan kurikulum instruksional di biologi di SMA/SMK.
  • Mengembangkan kurikulum instruksional mata pelajaran biologi (silabus dan RPP) di tingkat SMA dan SMK secara inovatif dan kreatif. (tugas kelompok)
  • Mengembangkan kurikulum instruksional mata pelajaran biologi (silabus dan RPP) di tingkat SMA dan SMK secara inovatif dan kreatif. (tugas kelompok)
  • Mengembangkan secara kreatif dan inovatif rencana pelaksanaan pembembelajaran (RPP) mata pelajaran biologi di SMA/SMK (tugas individu)
  • Mengembangkan secara kreatif dan inovatif rencana pelaksanaan pembembelajaran (RPP) mata pelajaran biologi di SMA/SMK (tugas individu)
Daftar Pustaka:
  • Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
  • Dokumen 1 KTSP (visi, misi, tujuan, struktur program, kalender Pendidikan dll.)
  • Dokumen 2 KTSP (silabus dan RPP mata pelajaran biologi di SMA/SMK)
  • Kelly, A. V. (2009). The curriculum: Theory and practice.
  • Sage. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice (No. 37.013 TAB).
  • Fogarty, R. (1991). Ten ways to integrate curriculum. Educational leadership, 49(2), 61-65.
  • Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang SKL Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang standar isi Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang penilaian Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD