Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
HZ-HZ
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi pemasaran. Berbagai pendekatan multidisiplin dikembangkan: psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok rujukan. Sedangkan dari faktor internal akan dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami apa itu Perilaku Konsumen dan berbagai jenis Konsumen
  • Memahami Hubungan Antara Perilaku Konsumen dan Konsep Pemasaran, Societal Marketing Concept, serta Segmentasi, Penargetan, dan Positioning
  • Memahami Hubungan Antara Perilaku Konsumen dan Nilai Pelanggan, Kepuasan, Kepercayaan, dan Retensi
  • Memahami Bagaimana Teknologi Baru Memungkinkan Pemasar untuk Memuaskan Kebutuhan dan Keinginan Konsumen dengan lebih baik
  • Memahami Bagaimana Kondisi Ekonomi Dunia Mendorong Perubahan dan Ketidakstabilan Konsumsi.
  • Memahami Modifikasi dan Komposisi Model-Model Perilaku Konsumen
Daftar Pustaka:
  • Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. 2010. Consumer behavior. Prentice Hall.
  • Webb, D. J., Green, C. L., & Brashear, T. G. (2000). Development and validation of scales to measure attitudes influencing monetary donations to charitable organizations. Journal of the academy of marketing science, 28(2), 299-309.
  • Shankar, S., Ormiston, C., Bloch, N., & Schaus, R. (2008). How to win in emerging markets. MIT Sloan Management Review, 49(3), 19.
  • Bhatti, T. (1970). Exploring factors influencing the adoption of mobile commerce. The Journal of Internet Banking and Commerce, 12(3), 1-13.
  • Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia
  • Chitturi, R., Raghunathan, R., & Mahajan, V. (2008). Delight by design: The role of hedonic versus utilitarian benefits. Journal of Marketing, 72(3), 48-63.
  • Hamin, & Elliott, G. (2006). A less-developed country perspective of consumer ethnocentrism and “country of origin” effects: Indonesian evidence. Asia pacific journal of marketing and logistics, 18(2), 79-92.
  • Blankson, C., Kalafatis, S. P., Cheng, J. M. S., & Hadjicharalambous, C. (2008). Impact of positioning strategies on corporate performance. Journal of Advertising Research, 48(1), 106-122.
  • Mohd Yasin, N., Nasser Noor, M., & Mohamad, O. (2007). Does image of country-of-origin matter to brand equity?. Journal of Product & brand management, 16(1), 38-48.
  • Wu, S. I. (2003). The relationship between consumer characteristics and attitude toward online shopping. Marketing Intelligence & Planning, 21(1), 37-44.
  • Goldsmith, R. E., Flynn, L. R., & Goldsmith, E. B. (2003). Innovative consumers and market mavens. Journal of Marketing theory and practice, 11(4), 54-65.
  • Wimalasiri, J. S. (2004). A cross-national study on children's purchasing behavior and parental response. Journal of Consumer Marketing, 21(4), 274-284.