Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
IPS-A
Deskripsi:
Dalam mata kuliah ini dibahas: konsep dasar IPS; Fakta, konsep dan generalisasi dalam IPS; Pendidikan Multikultural; konsep dasar IPS Terpadu di lingkungan Dikdas; Pendekatan interdisipliner dalam IPS; Isu dan masalah sosial serta strategi pendekatannya dalam wawasan IPS; Kurikulum dan silabus mata pelajaran IPS di lingkungan Dikdas; Pengembangan bahan pembelajaran berdasar model –model integrasi IPS Terpadu; Kajian pembelajaran IPS Terpadu di pendidikan dasar dan permasalahannya. Kegiatan pembelajaran utama dilakukan dengan diskusi/seminar hasil kajian literatur dan pengamatan lapangan.
Capaian Pembelajaran
  • Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis secara kritis materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan, miskonsepsi, dan literasi IPS terpadu.
  • Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis secara kritis materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan, miskonsepsi, dan literasi IPS terpadu.
Daftar Pustaka:
  • NCSS. (2017). National Council for the Social Studies National Standards for the Preparation of Social Studies Teachers
  • Suhada, Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sapriya. 2017. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Astawa, Ida Bagus Made. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Press.
  • Nasution. 2011. Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press.