Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-KH2
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian pendidikan bahasa Indonesia sebagai rancangan penulisan skripsi masing-masing. Matakuliah ini memuat materi: (1) hakikat, ruang lingkup, prinsip-prinsip penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (2) kriteria masalah yang tepat untuk penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (3) memililih masalah untuk penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (4) pendekatan dan desain dalam penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (5) sumber data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (6) instrumen penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (7) teknik pengumpulan data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (8) karakteristik dan wujud data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (9) analisis data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; serta (10) teknik menyusun proposal penelitian penelitian pendidikan bahasa Indonesia dalam bentuk matriks.
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-KH2
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian pendidikan bahasa Indonesia sebagai rancangan penulisan skripsi masing-masing. Matakuliah ini memuat materi: (1) hakikat, ruang lingkup, prinsip-prinsip penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (2) kriteria masalah yang tepat untuk penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (3) memililih masalah untuk penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (4) pendekatan dan desain dalam penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (5) sumber data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (6) instrumen penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (7) teknik pengumpulan data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (8) karakteristik dan wujud data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; (9) analisis data penelitian pendidikan bahasa Indonesia; serta (10) teknik menyusun proposal penelitian penelitian pendidikan bahasa Indonesia dalam bentuk matriks.
Capaian Pembelajaran
- Memahami hakikat penelitian PBI
- Menentukan dan menyusun rancangan penelitian PBI sesuai masalah (fokus) penelitian
- Menentukan dan menjabarkan metode, prosedur, dan teknik pengumpulan data penelitian PBI
- Menentukan dan menjabarkan teknik analisis data penelitian PBI
- 1. Bacon-Shone, j. 2015. Introduction to Quantitative Research Methods. Hongkong: Graduate School, The University of Hong Kong.
- 10. Suyitno, Imam. 2010. Memahami Tindakan Pembelajaran: Cara Mudah Melakukan PTK. Bandung: Refika Aditama.
- 11. Suyitno, Imam. 2018. Penelitian Deskripsi Kelas: Konsep Teoretis – Prosedur Analitis – Contoh Praktis. Jakarta: RajaGrafindo.
- 12. Willis, J.W. 2007. Foundations of qualitative research: interpretive and critical approaches. United Kingdom: Sage Publications Ltd.
- 2. Creswell, J.W. 2009. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Singapore: Sage.
- 3. Depdiknas. 2008. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
- 4. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction. New York: Pearson Education, Inc.
- 5. Latif, M. A. 2009. Penelitian Pengembangan. Malang: Pendidikan Bahasa Inggris, FS, Universitas Negeri Malang.
- 6. Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
- 7. Purnama, S. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan: Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab. LITERASI, Volume. IV, No. 1 Juni 2013.
- 8. Silalahi, A. 2017. Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Makalah Disampaikan pada Seminar & Workshop Penelitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan pada Tanggal 3-4 Februari 2017.
- 9. Suyitno, Imam. 2010. Karya Tulis Ilmiah: Teori, Pelatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.
- Teacher: Didin Widyartono