Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
IND-A
Deskripsi:
Pokok-pokok kajian meliputi pendekatan dan teori diagnose kesulitan dan koreksi membaca; karakteristik siswa SD yang mengalami kesulitan membaca (reading disabilities) di kelas-kelas permulaan dan di kelas-kelas tinggi SD; prinsip-prinsip dan praktik diagnosis kesulitan dan koreksi membaca; faktor internal dan eksternal kesulitan dan koreksi membaca; mengklasifikasi diagnose kesulitan dan koreksi membaca; diagnose metode membaca untuk mengatasi kesulitan dan koreksi membaca ; bentuk-bentuk diagnose kesulitan dan koreksi membaca; kesalahan membaca; perlunya pembelajaran membaca remedial; metode pembelajaran membaca yang efektif; dan berbagai perangkat asesmen yang digunakan untuk mendiagnosis kesulitan dan koreksi membaca.
Capaian Pembelajaran
  • Matakuliah ini bertujuan untuk memampukan mahasiswa memiliki pemahaman dan menganalisis secara kritis untuk tentang penelitian dan pembelajaran membaca, menulis, dan interaksi serta pemaduan membaca-menulis untuk siswa pendidikan dasar
Daftar Pustaka:
  • 1. Endang widyorini dan Julia Maria Van Tiel; Disleksis (deteksi, Diagnosis, penanganan di sekolah dan dirumah). 2017. Jakarta: PT Inter Pradana Mandiri
  • "2. Jean Wallace Gillet, Charles A. Temple, Codruta N. Temple, Alan N. Crawford · 2012 : Understanding Reading Problems Assessment and Instruction"
  • 3. Harwhintha J Anjarningsih; "Disleksia-perkembangan" di Indonesia: perspektif siswa dan guru. 2021. Jakarta: Pustaka obor Indonesia https://www.google.co.id/books/edition/Disleksia_Perkembangan_di_Indonesia_Pers/FmFHEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kesulitan+membaca&printsec=frontcover
  • 3. Jean Wallace Gillet, Charles A. Temple, Codruta N. Temple, Alan N. Crawford · 2012: Understanding Reading Problems https://www.google.co.id/books/edition/Understanding_Reading_Problems/F46FtgAACAAJ?hl=en
  • Bruce H. Eldridge. Reading in Context: An Alternative Approach for the Adolescent Disabled Reader. 1985. https://www.jstor.org/stable/40029610?Search=yes&resultItemClick=true&searchText=JOURNAL+ARTICLE+Reading+Disabilities&searchUri=%2Faction%2FdoBasicSearch%3FQuery%3D%2BJOURNAL%2BARTICLE%2BReading%2BDisabilities%26so%3Drel&ab_segments=0%2Fbasic_search_gsv2%2Fcontrol&refreqid=fastly-default%3A7dc648a715c4363b8702aa71efbdfc63&seq=1#metadata_info_tab_contents
  • Homer L. J. Carter. 1930: Disabilities in Reading https://www.jstor.org/stable/996854?Search=yes&resultItemClick=true&searchText=JOURNAL+ARTICLE+Reading+Disabilities&searchUri=%2Faction%2FdoBasicSearch%3FQuery%3D%2BJOURNAL%2BARTICLE%2BReading%2BDisabilities%26so%3Drel&ab_segments=0%2Fbasic_search_gsv2%2Fcontrol&refreqid=fastly-default%3A7dc648a715c4363b8702aa71efbdfc63&seq=1#metadata_info_tab_contents"
  • Bernice Y.L. Wong, Po-Zen Wong. 2014: Learning About Learning Disabilities. https://www.google.co.id/books/edition/Learning_About_Learning_Disabilities/YoWLBQAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
  • Albert Josiah Harris, Edward R. Sipay. How to Increase Reading Ability 1090: A Guide to Developmental & Remedial Methods. https://www.google.co.id/books/edition/How_to_Increase_Reading_Ability/xjr2ugEACAAJ?hl=en"
  • Jo Anne L. Vacca, Richard T. Vacca, Mary K. Gove, Linda C. Burkey, Lisa A. Lenhart, Christine A. McKeon. 2014: Reading and Learning to Read https://www.google.co.id/books/edition/Reading_and_Learning_to_Read/SJ_oAgAAQBAJ?hl=en