Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Prinsip-prinsip asesmen dan evaluasi PPKn. Variasi jenis asesmen dan evaluasi PPKn. Pengembangan instrumen pengukuran dan analisis dalam asesmen dan evaluasi PPKn. Perancangan dan pengembangan asesmen dan evaluasi PPKn untuk jenjang pendidikan menengah dan tinggi
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengembangkan instrument penilaian pengetahuan dalam pembelajaran PPKn di sekolah menengah dan perguruan tinggi
  • Mahasiswa mampu mengembangkan instrument penilaian sikap dalam pembelajaran PPKn di sekolah menengah dan perguruan tinggi
  • Mahasiswa mampu mengembangkan instrument penilaian keterampilan pembelajaran PPKn di sekolah menengah dan perguruan tinggi
  • Mahasiswa mampu melaksanakan uji validitas dan realibilitas terhadap instrument penilaian secara mandiri dan bertanggung jawab
  • Mahasiswa mampu menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mata pelajaran PPKn berdasarkan teori
Daftar Pustaka:
  • Anderson, Lorin W and Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom”s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  • Linn, R.L., dan Gronlund, N.E. 1995. Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey: Prentice Hall.
  • Marzano, Robert J & Kendall, John S. 2007. The New Taxonomy of Educational Objectives. Second Edition. Californiaz: Corwin Press.
  • Ministry of Education. 2010. Growing Success; Assessment, evaluation, and Reporting in Ontario Schools. Ontario.
  • Popham, W.J. 1995. Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.
  • Wiersma, William and Jurs, Stephen G. 1990. Educational Measurement and Testing. Boston: Allyn & Bacon.