Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
J-J
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi: (1) hakekat belajar, (2) Motivasi, (3) sikap, (4) hubungan interpersonoal, (5) hubungan kelompok, dan (6) dinamika kelompok
Capaian Pembelajaran
  • 3.1. Menguasai konsep belajar terkait dengan kegiatan layanan informasi perpustakaan
  • 2.2 Menguasai konsep motivasi terkait dengan kegiatan layanan informasi perpustakaan
  • 2.3 Menguasai konsep sikap terkait dengan kegiatan layanan informasi perpustakaan
  • 2.4 Menguasai konsep hubungan interpersonoal perpustakaan terkait dengan kegiatan layanan informasi
  • 2.5 Menguasai konsep hubungan kelompok terkait dengan kegiatan layanan informasi perpustakaan
  • 2.6 Menguasai konsep dinamika kelompok terkait dengan kegiatan layanan informasi perpustakaan
  • 2.7 Menguasai konsep implementasi konsep psikologi dalam layanan infomasi perpustakaan
Daftar Pustaka:
  • 1. Basrowi, M.S. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghlia Indonesia
  • 2. Ginting, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran: Disiapkan Untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru – Dosen, Cet. 2. Bandung: Humaniora
  • 3. Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia
  • 4. Liliwerti, Alo .2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara
  • 5. Martini, Nina Ariyani dan Farida, Ida. 2010. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
  • 6. Santoso, Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
  • 7. Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar; Ed. 1., Cet. 10. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  • 8. Soesilo, Tritjahjo Danny. 2015. Teori dan Pendekatan Belajar: implikasi dalam pembelajaran. Yogyakarta: Ombak
  • 9. Suranto Aw. 2011. Komunikasi Interpesonal. Yogyakarta: Graha Ilmu