Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang (1) hakikat manusia Indonesia sebagai makhluk budaya yang memiliki sifat kreatif dan inventif untuk memahami diri sendiri dan mengatasi persoalan-persoalan hidup melalui kreasi akal-budi dan penggunaan simbol-simbol, serta (2) hakikat kebudayaan Indonesia atau kebudayaan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki sifat majemuk dan heterogen yang secara historis dibentuk dari unsur-unsur pembentuk sistem budaya tradisi, sistem budaya agama-agama besar, serta sistem budaya asing/global sebagai dasar untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Capaian Pembelajaran
  • Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan konsep dan mindset dasar kewirausahaan, dan teori dasar pengembangan usaha dengan bisnis model canvas (Road map). Mahasiswa memahami perencanaan dan konsep/prinsip pengelolaan kegiatan operasional bidang UMKM, usaha industri pariwisata, penerjemahan, pendidikan bahasa non formal, seni, menguasai teori komunikasi dan persuasi, serta pemasaran produk dan jasa
Daftar Pustaka:
  • Marpaung, Happy. 2005. Pengetahuan Kepariwisataan. Jakarta: Alfa Beta
  • Osterwalder, Alexander & Yves Pigneur. 2010. Business Model Generation, Wiley published.
  • Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan. Jakarta : Kharisma Putra Utama.
  • Wahab, Salah. 2006. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: PT. Pradnya Paramitha.
  • Wibowo, Hery. 2011. Kewirausahaan: suatu pengantar. Jakarta: Widya Padjajaran.MenggambarBusana. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.