Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-KH2
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan perangkat evaluasi pembelajaran BSI secara kolaboratif dengan guru. Matakuliah ini memuat materi: (1) konsep dasar, prinsip, prosedur, dan sasaran asesmen serta keterkaitannya dengan karakteristik sasaran asesmen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (2) perencanaan dan pengembangan beragam instrumen asesmen membaca sesuai dengan konstruk hasil belajar membaca dan prinsip asesmen membaca; (3) perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menulis sesuai dengan konstruk hasil belajar menulis dan prinsip asesmen menulis; (4) perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menyimak sesuai dengan konstruk hasil belajar menyimak dan prinsip asesmen menyimak; (5) perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen bersastra sesuai dengan konstruk hasil belajar apresiasi sastra, menulis kreatif, dan prinsip asesmen bersastra; serta (6) teknik review instrumen asesmen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang dikembangkan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konstruk hasil dan proses PBSI, jenis instrumen
  • Terampil merencanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan penuh kreatif dan tanggung jawab serta mendayagunakan teknologi
Daftar Pustaka: