Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
KM3-MBKM
Deskripsi:
Mata kuliah ini menyajikan mengenai teknik-teknik untuk mengamankan informasi yang ada di dalam komputer dan membuat program yang aman dan konsep dan organisasi keamanan, reliabilitas dan keamanan software, keamanan infrastruktur, keamanan jaringan, recovery dan maintenance, sistem deteksi dan respon, auditing dan testing keamanan, penanganan kegagalan sistem keamanan, tool komputer forensik, serta manajemen resiko dan hukum yang mengatur tentang keamanan sistem komputer.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai konsep dasar keamanan berupa security property (confidentiality, integrity, availability, dll). Mahasiswa menguasai dasar algoritma enkripsi yaitu teori bilangan. Mahasiswa dapat menerapkan jenis-jenis algoritma enkripsi yaitu enkripsi klasik, blok, stream, asimetrik, dan simetrik. Mahasiswa menguasai integritas data berupa hash function, message authentication code, digital certificate, dan public key infrastructure. Mahasiswa dapat menerapkan keamanan pada program komputer berupa kelemahan string, buffer overflow, SQL injection, manajemen memori dinamik.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep dan praktik keamanan sistem komputer, serta memiliki kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Menguasai pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam menganalisis dan merancang keamanan sistem komputer. Menguasai pemahaman serta kemampuan menganalisis tingkat keamanan sistem komputer akibat perkembangan teknologi komputer. Mengidentifikasi sajian materi keamanan sistem komputer sesuai dengan kebutuhan sehari-hari dan mengikuti perkembangan teknologi komputer. Memahami konsep keamanan sistem komputer sesuai perkembangan teknologi komputer saat ini.
  • Memahami konsep keamanan infrastruktur laboratorium komputer. Memahami kosen enkripsi data yang digunakan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Memahami metode instrusion yang digunakan dalam penanganan gangguan keamanan sistem komputer. Menerapkan metode enkripsi data yang digunakan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. menganalisis tingkat keamanan dan reliabilitas sistem komputer. Menganalisis metode intrusion yang digunakan dalam penanganan gangguan keamanan sistem komputer. Menganalisis konsep auditing dan testing security. Menganalisis kegagalan sistem keamanan komputer yang terjadi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
  • Menganalisis tools untuk komputer forensik dan respon kegagalan sistem keamanan. Mengkaji ulang reliabilitas dan keamanan software. Mencermati keamanan komunikasi dan jaringan komputer. Mengkaji ulang konsep enkripsi data yang digunakan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Mengkaji ulang metode intrusion yang digunakan dalam penanganan gangguan keamanan sistem komputer. Mengevaluasi kegagalan sistem keamanan komputer yang terjadi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
  • Mengkaji ulang tools untuk komputer forensik dan respon kegagalan sistem keamanan. Merancang perangkat lunak/perangkat keras penunjang keamanan sistem komputer pada laboratorium pendidikan dan TIK. Mengkaji ulang tools untuk komputer forensik dan respon kegagalan sistem keamanan. Merancang perangkat lunak/perangkat keras penunjang keamanan sistem komputer pada laboratorium pendidikan dan TIK.
Daftar Pustaka:
  • Cryptography and Network Security: Principles and Practice (6th Edition) by William Stallings (Mar 16, 2013).
  • Secure Coding in C and C++ (2nd Edition) (SEI Series in Software Engineering) by Robert C. Seacord (Apr 12, 2013).
  • Nestler, V., Harrison, K., Hirsch, M., dan Conklin, Wm. A., 2015, Principles of Computer Security Lab Manual, Fourth Edition, McGraw-Hill Education. ISBN-10 0071836551, ISBN-13 9780071836555.
  • Conklin, Wm. A., White, G., Cothren, C., Davis, R. L., Williams, D., 2016, Principles of Computer Security, Fourth Edition (Official Comptia Guide), McGraw-Hill Education. ISBN-13 978-0071835978, ISBN-10 0071835970.
  • Du, W., 2017, Computer Security: A Hands-on Approach, CreateSpace Independent Publishing Platform. ISBN-10 154836794X, ISBN-13 978-1548367947.
  • Nist, 2013, Guide to Intrusion Detection and Prevention Systems (IDPS), CreateSpace Independent Publishing Platform. ISBN-10 1494758814, ISBN-13 978-1494758813.
  • Stallings, W., 2016, Cryptography and Network Security: Principles and Practice, Pearson Education. ISBN 0134484525, 9780134484525.