Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi interaksi pembelajaran sejarah di era digital yang bersifat edukatif; komponen interaksi pembelajaran sejarah; faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran; unsur-unsur interaksi pembelajaran; peran, fungsi, dan tanggung jawab guru; peran, fungsi, dan tanggung jawab siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan untuk mendukung profesionalitas sebagai tenaga pendidik yang inovatif.
Capaian Pembelajaran
- Menjelaskan secara komprehensif konsep dan teori interaksi pembelajaran.
- Menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait
- Menganalisis berbagai kondisi interaksi pembelajaran yang ideal di era digital.
- Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses interaksi pembelajaran sejarah di era digital.
- Ahmadi, A. 1996. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Sari.
- Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
- Faisal, S. 2000. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
- Ibrahim & Syaodi. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Irianto, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikasi & Edukatif di Dalam Kelas. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media
- Roestiyah N.K. 1994. Masalah Pengajaran (Sebagai Suatu Sistem). Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Setyanto, N.A. 2017. Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Jakarta: Diva Press
- Teacher: Lutfiah Ayundasari