Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
JJ-JJ
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang urgensi bahan ajar, urgensi pengembangan bahan ajar, bentuk-bentuk bahan ajar, tahap-tahap pengembangan bahan ajar, analisis kurikulum SMA/SMK saat ini, analisis instruksional/pembelajaran, analisis karakter peserta didik, analisis ketersediaan dan fasilitas sekolah, identifikasi kebutuhan bahan ajar di sekolah, penulisan bahan ajar , serta evaluasi bahan ajar. Lingkup media pembelajaran, fungsi dan manfaat media pembelajaran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran, serta pengembangan media pembelajaran meliputi media audio visual, multimedia pembelajaran, media berbasis internet, media berbasis virtual, dan media berbasis mobile atau mobile learning.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa mampu memahami konsep pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran akuntansi berbasis TIK
  • 2. Mahasiswa secara kreatif, prosedural, dan terampil mampu membuat bahan ajar akuntansi
  • 3. Mahasiswa secara kreatif, prosedural, dan terampil mampu membuat media pembelajaran akuntansi berbasis TIK
Daftar Pustaka:
  • 1. Mbulu, Joseph & Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas
  • 2. Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata
  • 3. Smaldino, S.E., Russel, J.D., Lowther, D.L. 2011. Instructional Technology and Media for Learning 10ed. New Jersey: Merril Prentice Hall
  • 4. Link-link internet (http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/, http://guraru.org/, http://webquest.org/, www.merlot.org/, http://www.gurumelekit.com/, dan sumber lain yang relevan