Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa tentang bisnis start up. Materi yang dibahas pada matakuliah ini meliputi konsep dasar bisnis startup. Prospek bisnis startup di era digital. Berbagai model bisnis startup, segmentasi dan jenis produk yang dijual. Product Life Cycles (PLC). E-commerce. Strategi pemasaran berbasis tekhnologi. Strategi promosi dan e-word of mouth. Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP), harga jual, dan Break Even Point (BEP). Manajemen keuangan pada bisnis startup. Manajemen operasional UKM (5M- man, money, material, market, methods, plus machine). Tagihan matakuliah ini di akhir semester berupa rencana pengembangan bisnis jangka pendek dan jangka panjang
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat mendeskripsikan karakteristik bisnis startup
  • Mahasiswa dapat menganalisis berbagai model bisnis startup, segmen pasar dan jenis produk yang dijual.
  • Mahasiswa dapat menciptakan strategi pemasaran berbasis tekhnologi
  • Mahasiswa dapat mendeskripsikan manajemen keuangan (permodalan) pada bisnis startup
  • Mahasiswa dapat mendeskripsikan manajemen sumberdaya manusia pada bisnis startup
Daftar Pustaka: