Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
GKC-C
Deskripsi:
Mata kuliah ini menekankan pada upaya pengkajian tentang hakekat IPS dan PKN SD, menyangkut konsep dasar IPS dan PKn: pengertian, landasan, ruang lingkup dan tujuan IPS dan PKN SD, paradigma baru IPS dan PKn, Berikutnya tentang IPS dan PKn di Indonesia, menyangkut sejarah PKn di Indonesia, peran IPS dan PKn sebagai pendidikan nilai dan moral, PKn sebagai pendidikan untuk menjadi dan PKn menurut kurikulum 2013.TPACK Technology–PedagogicalContent Knowlegde) dalam IPS dan PKN SD.Konsep Dasar Bahan ajar, meliputi pengertian bahan ajar menurut pakar, ciri/karakteristik bahan ajar, macam-macam bahan ajar. Model-model pengembangan bahan ajar, Pengembangan bahan ajar IPS dan IPS dan PKN SD mencakup prinsip-prinsip, cakupan bahan ajar, urutan bahan ajar, pendekatan, sumber bahan ajar,langkah pengembangan bahan ajar. Selain itu melalui mata kuliah ini, mahasiswa juga dibelajarkan tentang keterampilan memetakan KI KD dan materi IPS dan PKN SD proses pembuatan bahan ajar IPS dan PKN SD. Disisi lain, mahasiswa juga akan dibekali seperangkat kemampuan dan keterampilan dalam mata kuliah ini terkait dengan beberapa petunjuk teknis pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam mengembangan bahan ajar IPS dan PKN SD. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka melalui mata kuliah ini juga dibelajarkan tentang: bahan ajar berbasis TIK dan alur prosedur kerja pengembangan bahan ajar, instruksi kerja analisis kebutuhan bahan ajar. Pada bagian akhir, mata kuliah mahasiswa memiliki kompetensi menghasilkan produk bahan ajar inovatif dalam IPS dan PKN SD.
Capaian Pembelajaran
  • Mengkaji dan manganalisis hakekat IPS dan PKN SD, konsep dasar IPS dan PKn,
  • Menerapkan TPACK Technology–Pedagogical Content Knowlegde)
  • Mampu mengembangkan bahan ajar IPS dan PKN SD yang inovatif dan berbasis TIK
Daftar Pustaka:
  • Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.
  • Depdiknas. (2005). Pedoman Pengembangan Buku Pelajaran. Jakarta : Pusat Perbukuan
  • Heruman. 2010. Model Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  • Kalidjernih,FK. Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Bandung: Widya Aksara Press, 2009.
  • Winataputra. Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Bandung: Progam Pascasarjana UPI,2006.
  • Yuyus Kardiman dan Yasnita Yasin. Ilmu Kewarganegaraan, Jakarta: Laboraturium Sosial Politik Press, 2010.
  • M. Jauhar Siddiq dkk. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas.
  • Panen, P & Purwanto, 1997. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
  • Sardjyo. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.