Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Mata kuliah ini mencakup kajian tentang konsep dasar evaluasi hasil belajar, prinsip dasar, ranah, dan langkah-langkah evaluasi, teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil belajar, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe tes hasil belajar, pengujian validitas dan reliabilitas tes hasil belajar, analisis item tes hasil belajar, nilai akhir, penyusunan ranking, dan pembuatan profil prestasi belajar


Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar evaluasi hasil belajar, prinsip dasar, ranah, dan langkah-langkah evaluasi, teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil belajar, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe tes hasil belajar


  • Merancang dan menyusun kisi-kisi, soal dan rubrik penilaian


  • Mempraktikan pengujian validitas, reliabilitas tes hasil belajar, dan analisis item tes hasil belajar secara manual dan aplikasi SPSS


  • Mengevaluasi Hasil penilaian dan membuat Laporan Hasil Penilaian

Daftar Pustaka:
  • Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 (No 23 tahun 2016) tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

  • Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

  • Ari Kunto, Suharsimi, (1978). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta,PT Bina Aksara.

  • Budiman, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung: PT. Ganesindo.

  • Depdiknas (2004) Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta Depdiknas.

  • Ioesmani,.(1988). Pengukuran dan Evaluasi Dalam Pengajaran. Jakarta Depdiknas.

  • Jihad, Asep, Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

  • Mehrens, Wiliam A and Irvin J. Lehmamn.(1984). Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York, Holtd and Rinehart.

  • Nitko, Anthony J. (1996) Educational Assessment of Students. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliff.

  • Popham, W. James (1995) Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.

  • Purwanto, M. Ngalim (1985). Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, Cv Remaja Karya.

  • Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan.

  • Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013 (No 24 tahun 2016) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

  • Surapranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes Jakarta; PT. Remaja Rosdakarya.

  • Sanjaja,, Wina. (2006) Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Perdana Media Grup.

  • Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.

  • Sukmara, Dian. (2005). Implementasi Program Lifeskill Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera.

  • Yuhaelawati, Ella. (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya