Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup kajian tentang konsep dasar evaluasi hasil belajar, prinsip dasar, ranah, dan langkah-langkah evaluasi, teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil belajar, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe tes hasil belajar, pengujian validitas dan reliabilitas tes hasil belajar, analisis item tes hasil belajar, nilai akhir, penyusunan ranking, dan pembuatan profil prestasi belajar
Capaian Pembelajaran
Memahami konsep dasar evaluasi hasil belajar, prinsip dasar, ranah, dan langkah-langkah evaluasi, teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil belajar, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe tes hasil belajar
Merancang dan menyusun kisi-kisi, soal dan rubrik penilaian
Mempraktikan pengujian validitas, reliabilitas tes hasil belajar, dan analisis item tes hasil belajar secara manual dan aplikasi SPSS
Mengevaluasi Hasil penilaian dan membuat Laporan Hasil Penilaian
Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 (No 23 tahun 2016) tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ari Kunto, Suharsimi, (1978). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta,PT Bina Aksara.
Budiman, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung: PT. Ganesindo.
Depdiknas (2004) Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta Depdiknas.
Ioesmani,.(1988). Pengukuran dan Evaluasi Dalam Pengajaran. Jakarta Depdiknas.
Jihad, Asep, Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mehrens, Wiliam A and Irvin J. Lehmamn.(1984). Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York, Holtd and Rinehart.
Nitko, Anthony J. (1996) Educational Assessment of Students. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliff.
Popham, W. James (1995) Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Purwanto, M. Ngalim (1985). Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, Cv Remaja Karya.
Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan.
Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013 (No 24 tahun 2016) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Surapranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes Jakarta; PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaja,, Wina. (2006) Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Perdana Media Grup.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmara, Dian. (2005). Implementasi Program Lifeskill Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera.
Yuhaelawati, Ella. (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
- Teacher: Alfi Sahrina