Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-19GB
Deskripsi:
1) Karakteristik Pembelajaran kejuruan 2) Konsep Dasar perencanaan pembelajaran 3) Perancangan sistem pembelajaran konsepsi dan modelnya 4) analisis Pembelajaran 5) analisis karakter peserta didik 6) Merancang proses pembelajaran 7) Analisis kompetensi dan merumuskan tujuan pembelajaran 8) Mengembangkan materi pembelajaran 9) Mengembangkan metode pembelajaran 10) Mengembangkan Model pembelajaran 11) Mengembangkan strategi pembelajaran 12) Mengembangkan instrumen penilaian hasil pembelajaran 13) Mengembangkan skenario pembelajaran dengan Mengimplementasikan Pembelajaran Saintifik
Capaian Pembelajaran
  • Setelah membaca literatur dan mendengarkan penjelasan dosen serta diskusi dengan teman dalam kelompok, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan mempresentasikan secara tepat karakteristik pembelajaran sekolah kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran.
  • Setelah membaca materi tentang model pembelajaran dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan menganalisis secara tepat model pembelajaran sekolah kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam menetapkan Model pembelajaran yang sesuai dalam menyusun perencanaan pembelajaran.
  • Setelah membaca materi tentang metode pembelajaran dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan menganalisis secara tepat metode pembelajaran sekolah kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam menetapkan metode pembelajaran yang sesuai dalam merancang perencanaan pembelajaran.
  • Setelah membaca materi tentang strategi pembelajaran dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan menganalisis secara tepat strategi pembelajaran sekolah kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam menetapkan strategi pembelajaran yang sesuai dalam menyusun perencanaan pembelajaran
  • Setelah membaca materi tentang Konsep merencanakan proses pembelajaran dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan menganalisis secara tepat proses perencanaan pembelajaran sekolah kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam menyusun perencanaan proses pembelajaran.
Daftar Pustaka:
  • (1) Dick, W. & Carey,L. 1990 The Systematic Design of Intruction (3), Florida; Happer Collins Publisher.
  • (2) Gagne, R.M. Briggs,L.J. & W.W. 1988. Principles Of Intructional Design (3). New York
  • (3) Dwi Agus Sudjimat. 2014. Perencanaan Pembelajaran kejuruan. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
  • (4) Miftahul Huda. 2014. Model pengajaran dan pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
  • (5) Sunarto dan Agung Hartono.2013. Perkembangan Peserta Didik.Jakarta Rineka Cipta
  • (6) Mulyasa, E., 2007., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
  • (7) Kemendikbud. 2014. RPP (Materi pendampingan K-13)