Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Uraian isi : Matakuliah ini memberikan kepada mahasiswa pemahaman mengenai relevansi dan urgensi Etika Profesi dalam kegiatan bisnis dan pemasaran. Matakuliah ini menggugah serta meng-emansipasi mahasiswa agar memiliki kesadaran kritis mengenai relevansi dan urgensi Etika Profesi dalam kegiatan pemasaran. Sebagai subset dari Filsafat Moral, maka Etika Pemasaran tidak dipaparkan sebagai suatu ilmu doktriner yang berisi internalisasi doktrin dan ajaran-ajaran moral, namun lebih kepada pemahaman serta refleksi kritis dari mahasiswa tentang berbagai ragam Teori Etika dan fenomena empiris dalam ranah pemasaran. Hasil dari refleksi kritis diharapkan dapat melahirkan kesadaran kritis tentang relevansi dan urgensi Etika Pemasaran dalam ranah bisnis. Matakuliah ini juga membekali mahasiswa, bagaimana melakukan pengambilan keputusan bisnis dengan menjaga perimbangan komposisi antara kepentingan ekonomi/bisnis/finansial dengan kepentingan bersama (bagi manusia, masyarakat dan lingkungan/alam raya).
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai Konsepsi tentang Manusia dan Alam Semesta
  • Menguasai Konsepsi Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
  • Mengkritisi Konsepsi Bisnis
  • Memahami Teori Etika dan Teori-Teori Yang Relevan
Daftar Pustaka:
  • 1. Franz Magnis Suseno, Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, PT. Kanisius, Yogyakarta, 1987 2. Protasius Hardono Hadi, Potret Siapakah Aku, PT. Kanisius, Yogyakarta, 2010 3. Kasdin Sihotang, Filsafat Manusia: Upaya Membangkitkan Humanisme, PT. Kanisius, Yogyakarta, 2009 4. Sukrisno Agoes dan I Cenik Pradana, Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2011 5. Manuel G. Velasquez, Etika Bisnis: Konsep dan Kasus, Edisi 5, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2005 6. Agus Ariyanto, Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis, Edisi Ketiga, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2014 7. Sony Keraf, Etika Bisnis: Tuntunan dan Relevansinya, PT. Kanisius, Yogyakarta, 1998; 8. K. Bertens, Pengantar Etika Bisnis, PT. Kanisius, Yogyakarta, 2013 9. L. Sinuor Yosephus, Etika Bisnis, Penerbit Buku Obor, Jakarta, 2010 10. Gordon Graham, Teori-Teori Etika, Nusamedia, Bandung, 2014 11. Franz Magnis Suseno, 12 Tokoh Etika Abad ke-20, PT. Kanisius, Yogyakarta, 2000 13. Yakup Liman, “ASTRA: on cecoming Pride of the Nation, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2017 14.F. Budi Hardiman, “Filsafat Untuk Para Profesional”, Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2016