Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Mahasiswa mampu memahami sejarah dan teori assessment yang selama ini digunakan untuk anak dan remaja (usia 0-16 tahun). Assessment yang dikenalkan terutama adalah yang terkait dengan pengukuran kecerdasan dan minat bakat, baik yang bersifat klasikal (lebih dari 1 orang) maupun individual. Selain itu, mahasiswa juga akan diajak mengenali dan mengekspolorasi hal-hal yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan seperti penggunaan rapport, bagaimana dan apa yang perlu diobservasi serta diwawancara untuk nantinya menjadi data tambahan penting agar dapat dielaborasi dalam penulisan laporan hasil pemeriksaan yang sesuai dengan kewenangan dan kode etik psikologi yang berlaku. Mahasiswa juga diharapkan pada akhirnya akan mampu mengadministrasikan beberapa alat tes inteligensi dan minat bakat yang umum digunakan di Indonesia seusai dengan kewenangan dan kode etik psikologi di Indonesia. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari: Definisi Assessment anak dan remaja, batasan usia anak dan remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil assessment, penggunaan rapport, wawancara dan observasi, sejarah dan perkembangan alat tes yang digunakan di Indonesia, pengadministrasian beberapa alat tes individual dan Klasikal seperti tes-tes Wechsler dan Binet juga pencatatan hasil observasi dan wawancara.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar dan prinsip-prinsip psikodiagnostik, dan teknik interview, teknik observasi, serta konsep teoritis yang mendasari tes psikologi untuk anak dan remaja yang bersifat klasikal maupun individual secara menyeluruh
  • Mampu mengadministrasikan tes psikologi serta membuat laporan singkat dari kegiatan interview dan observasi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia
Daftar Pustaka:
  • Sattler (2003), Assessment of Children: Behavioral and Clinical Application, 4th ed
  • Kaplan, Robert M. & Saccuzzo, Dennis P. 2005. Psychologycal Testing, 6 th Edition. Canada : Wadsworth Cengage Learning