Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
KWU-KWU
Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang perkembangan industri waralaba di Indonesia dan manajemen distribusi. Bagaimana cara membuat usaha menggunakan sistem waralaba, analisis usaha waralaba, menghitung keuntungan, konsep dan strategi pemasaran usaha waralaba, dan mengelola distribusi, pengadaan dan persediaan bahan, penanganan material, distribusi, transportasi dan daur ulang.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami tentang konsep waralaba dan perkembangn usaha waralaba di Indonesia
  • Mampu menganalisis strategi pemasaran bisnis waralaba
  • Mampu memahami konsep Manajemen Distribusi Terpadu
  • Mahasiswa dapat memahami unsur-unsur yang terlibat dalam penanganan distribusi
  • Mahasiswa dapat memahami dan mengerti konsep kebijaksanaan dan perencanaan distribusi
Daftar Pustaka:
  • 1. Barbara Bestel, 2010, An Introduction to Franchising, Ifa Educational Foundation
  • 2. Guidelines for Prospective Franchisees
  • 3. Peraturan Menteri Perdagangan 31 Th 2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba
  • 4. Donald J.Bowersox; Logistical Management; Mac Milan Publishing
  • 5. Co.Inc., 1995. Benjamin S. Blanhcard; DistribusiEngineering and Management; Prentice hall, 4th, 1992.
  • 6. Ronald H. Ballow; Business Logistic Management; Prentice Hall, 3rd, 1992.
  • 7. H. Subagyo MS.; Manajemen Distribusi; CV Haji Mas Agung, 1994.
  • 8. Ck. Lysons; Purchasing; Pitman Publishing LtdGriffin, R.W dan Ebert R.J. (2015) “Business Essential”, Pearson Education. Inc